Hidayah Dari Kisah : HAM DAN YAFITS ANAK DURHAKA NUH

 

Image

As-Sakan adalah nama kecil nabi Nuh yang sabar dan bijaksana, berbagai ujian hidup sebagai nabi sangat berat mampu dilaluinya dengan berserah diri kepada Tuhan. Berurai air mata penuh doa menjadikan nama dia dari As-Sakan menjadi Nuh yang artinya air mata ketaatan kepada Tuhan.

Menangis dan tertawa karena Tuhan adalah tanda dan bukti ketaatan iman. Tertawa dan menangis karena dunia tanda tidak ada ketaatan dan tak ada iman.  Itulah bukti nabi dan ummatnya yang selalu bertolak belakang, tidak ada kebaikan yang bermesraan dengan kejahatan, yang baik selalu mengajak keatas taat pada Tuhan, yang jahat selalu mengajak kebawah taat pada setan.  Kebaikan, kemajuan, kemoderenan pasti keatas. Keburukan, kecurangan, kebohongan, kemaksiatan, kemunduran, kehancuran pasti kebawah.

Nabi Nuh mempunyai beberapa anak diantaranya adalah Syam, Ham dan Yafits, dari ketiga anaknya mempunyai sifat yang berbeda, Syam taat pada bapaknya, Ham dan Hafits selalu menantang ajaran bapaknya.

Pada suatu saat nabi Nuh tertidur disurau tempat beliau bedoa, saat itu udara cerah berhembus angin sepoi-sepoi nikmat sejuk melelapkan tidurnya Nuh, angin sepoi-sepoi semakin kencang hingga menyingkap jubah Nuh sampai kelihatan aurat (kemaluan) nya. Ham dan Hafits tertawa, Syam  membentak mereka berdua dan melarangnya tertawa, perbuatan mentertawakan orang tua yang lagi tertidur dan kelihatan auratnya itu perbuatan durhaka. Diberi tahu baik-baik oleh Syam, Ham dan Hafits tambah tertawa kepingkal-pingkal sambil mengejek Syam. Setiap kali Syam menutup jubah bapaknya yang tersingkap, Ham dan Hafits menyingkapkan kembali agar kelihatan auratnya.

Tertawa Ham dan Hafits yang semakin keras membangunkan bapaknya, waktu Nuh terbangun melihat Ham dan Hafits tertawa keras terpingkal-pingkal dengan wajah riang. Nuh bertanya kepada anak-anaknya ; Ada apa ini ?

Syam menjelaskan kepada bapaknya sesuai kejadian yang mereka alami. Nuh sangat tahu tabiat kelakuan ahlaq Ham dan Hafits yang durhaka. Nuh langsung mengangkat tangannya kelangit dan berdoa :  “Ya Tuhan, ubahlah air sulbi (sperma) Ham dan Yafits”.  Maka Tuhan mengubah sperma kedua anak Nuh Ham dan Hafits.  Oleh karena itu, seluruh orang yang berkulit hitam adalah berasal dari keturunan Ham, sedangkan seluruh orang Turki, Bulgaria, Ya’jij wa Ma’juj adalah dari keturunan Yafits, dan seluruh orang yang berkulit putih selain mereka adalah dari keturunan Syam.

Kemudian Nuh berkata pada Ham dan Yafits, : “Tuhan akan menjadikan keturunan kamu berdua sebagai pelayan bagi keturunan Syam sampai hari kiamat karena Syam telah berbakti kepada orang tua. Maka sifat durhaka kamu berdua akan senantisa tampak dalam keturunan kamu berdua, dan sifat bakti akan senantiasa tampak dalam keturunan Syam selama dunia ini masih ada”

Setelah kejadian tersebut permusuhan antara kelompok pembangkang terhadap kebenaran dan pembela kebenaran sangat tajam, Nuh tetap mengajak taat pada kebenaran Tuhan, walaupun sangat ditindas oleh pihak penentang. Nuh sangat sadar bahwa perbedaan pendapat dan permusuhan itu pasti selalu ada didunia, yang dahulu berawal dari permusuhan Qabil dan Habil, saatnya Nuh perbedaan dan permusuhan pun ada, yaitu Ham, Yafits dan Syam. Atas pengetahuan yang dimiliki Nuh maka dia bisa sabar, orang yang tidak sabar itu adalah orang yang tidak berpengatuhuan alias bodoh, maka mereka suka menindas dan srakah.

Sampai saat inipun permusuhan semakin banyak dan tajam yang diperebutkan sudah bukan kebenaran lagi tapi berebut kekuasaan, kerusakan, pelanggaran, kehinaan, kemaksiatan dan seabrek kebobrokan, semakin tidak jelas mana sih yang benar…? itulah yang disebut keturunan Ham dan Hafits dari golongan Ya’juj dan Ma’ruj  yang muncul di akhir zaman, yang memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan dimuka bumi.

Kisah tentang kaum Ya’juj dan Ma’ruj terdapat dalam ajaran agama Yahudi, Kitab kejadian umat Kristen dan Kitab umat Islam, Al-Qur’an.  Ketiga agama Tuhan menjelaskan dan membenarkan hal tersebut, khabar Ya’juj dan Ma’ruj khabar langsung dari Tuhan dalam kitab-kitab suci-Nya, pastilah benar adanya.  Dalam Al-Qur’an dijelaskan di Surat al-Kahfi ayat 92-98.

Pada zaman Nuh iblis pernah berbuat baik kepada Nuh memberitahukan bahwa ummatnya Nuh berkelakuan jahat melebihi jahatnya iblis itulah manusia yang bersifat Ya’juj dan Ma’ruj. Iblispun berkata sebagai berikut : “Jika kami mendapatkan anak Adam itu kikir, tamak, zina, hasad, maksiat, sewenang-wenang dan tergesa-gesa, maka kami akan mempermainkannya seperti bola. Adapun jika sifat-sifat tersebut terhimpun pada seseorang, maka kami menamainya setan”

Pada zaman Nuh, iblis sudah mengeluh atas kelakuan manusia, apalagi zaman sekarang iblis minta pensiun dari pekerjaan menjerumuskan manusia kepada Tuhan, namun tidak dikabulkan. Alasan iblis manusia saking gilanya sudah bisa mencetak pabrik dosa justru iblislah yang dimasukan neraka oleh manusia untuk bersama-sama pesta dosa dineraka… haaa… busyeeet …..

Atas kejadian dari awal kisah Nuh diuji kesabaran oleh ummatnya, sampai terakhir Nuh diuji kesabarannya oleh anak dan istrinya. Apakah Nuh tetap bisa bertahan kesabarannya ?!

Akhirnya Nuh bersimpuh ditengah malam berdoa dan menangis, matanya mengeluarkan air mata ketaatan kepada Tuhan, memohon keadilan hukuman untuk ummatnya yang membangkang.  Tsunami hukuman ummat Nuh akan segera datang.

Andil nafsu dalam perbuatan maksiat tampak jelas, sedangkan andilnya dalam perbuatan taat samar tersembunyi. Mengobati yang tersembunyi itu amatlah sulit.

 

Kadang kala penyakit riya’ (sombong) masuk kedalam dirimu dari tempat yang tak terlihat oleh makhluk.

(Ibnu Atha’illah)


2 responses to “Hidayah Dari Kisah : HAM DAN YAFITS ANAK DURHAKA NUH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: