Hidayah Dari Kisah : HABIL QORBAN PERTAMA DIDUNIA

Image

Kasih sayang berlandaskan cinta pada illahi, akan abadi sampai surga nanti. Kasih sayang berlandaskan pada nafsu birahi, akan tersesat dan terjerumus dalam neraka menjadi kawan iblis sejati.

 

Habil putra Adam keempat, kaya raya sukses dalam usahanya berternak domba (kambing), dan sangat taat kepada kedua orang tuanya.

Qobil putra Adam kedua, kaya raya sukses dalam usahanya bertani padi. Qobil mempunyai ahlaq yang buruk tidak taat kepada kedua orang tuanya, selalu membantah perintah orang tua.

Qobil tergoda setan, sehingga lupa pesan Tuhan bahwa “ridho Tuhan adalah ridho orang tua”. Kesuksesan dalam usaha, membikin Qobil buta tuli dan bisu hatinya. Kekayaan yang dia miliki diakui hasil usaha kerasnya, dikesampingkan ikut campurnya Tuhan dan atas doa orang tua kepada-Nya. Kesombongan Qobil menutup mata hati sehingga yang ada dihatinya hanya dia tunggal pencipta sukses usaha pertanian.

 

Kenapa Qobil tidak taat kepada orang tuanya ?!

 

Suatu alasan klasik masalah cinta yang selalu jadi alat setan untuk menjerumuskan manusia agar sesat menjadi temannya, itulah tugas utama setan mencari teman untuk tinggal dineraka jahanam. Qobil ditipu setan lupa pesan Tuhan “Aku uji hamba-Ku, apa yang dicintainya” suatu peringatan jelas dan tegas bahwa janganlah kau cintai dunia melebihi cintamu kepada Tuhan.

 

Dendam Qobil kepada orang tuanya diawali masalah perjodohan antara Qobil dengan Labudza, dan Habil dengan Iqlima. Perjodohan tersebut tentu atas ijin Tuhan, namun Qobil tidak mau menerima karena Qobil yang tampan seharusnya berjodoh dengan Iqlima yang cantik, begitu pikirnya. Sedangkan Habil yang kurang tampan mendapat Iqlima yang cantik, jelas tidak adil, pikiran Qobil semakin keracunan bisikan setan melogikakan perintah Tuhan. Kalau mau melogikan perintah Tuhan berprasangka baiklah kepada-Nya…… mungkin perjodohan tersebut untuk perbaikan keturunan, itu kalau mau melogikan perintah Tuhan. Namun janganlah sekali-kali dilogikan perintah Tuhan, karena Tuhan itu sangat logis dan manusia tidak akan mampu untuk meneliti kelogisan perintah-Nya. Iman itu menjalankan perintah-Nya dan menjauihi larangan-Nya, kerjakan sajalah perintah-Nya kalau Anda teliti kelogisan-Nya tentu banyak yang gak logis untuk ukuran hamba-Nya. contoh ; yang kentut pantatnya yang dibasuh (wudu) mukanya, tentu gak logis kan ? Maka janganlah kau mencari dalil logisnya, kerjakan saja pasti aman dan dicintai-Nya.

 

Qobil tidak taat kepada orang tua karena hatinya tertutup cinta selain kepada Tuhan. Qobil terjerumus karena mengikuti perintah setan meninggalkan perintah Tuhan, Qobil beristri Labudza atas dasar takut kepada orang tua, bukan taat kepada orang tua. Cinta buta kepada Iqlima yang kembarannya dalam kandungan Hawa tentu haram untuk diperistri, namun atas nama cinta Qobil tidak mau tahu dengan peraturan Tuhan sang pencipta. Mulai saat itu Qobil selalu melawan perintah orang tuanya.

 

Pada suatu saat Adam mendapat perintah Tuhan untuk disampaikan kepada puteranya Qobil dan Habil, agar mereka berdua berkorban dari hasil usahanya yang telah diridhoi-Nya sehingga mereka kaya raya.

Adam menyampaikan perintah Tuhan bahwa agar segera qorban untuk Tuhan dari hasil usahanya. Habil mendapat perintah qurban dari Tuhan bersegera mengambil domba (kambing) yang terbesar dan sehat untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Qobil pun mengambil hasil usahanya untuk qurban dipersembahkan kepada Tuhan seonggok padi yang paling buruk, padi yang puso (kosong dalamnya tidak ada padinya) dipersembahkan untuk Tuhan.

Qurbannya Habil domba sehat gemuk besar putih bersih diangkat kesurga diterima oleh Tuhan, qurbannya Qobil terbakar tidak keangkat kesurga terbuang keneraka.

Atas kejadian tersebut Qobil semakin buta hatinya marah kepada Tuhan, kenapa Habil selalu diistimewakan sedangkan dia selalu disingkirkan. Qobil tidak pernah koreksi diri, mana ada bertanam buruk akan tumbuh baik ?! mana ada pelit akan mendapat rejeki yang halal ?!  Jangan melihat banyaknya harta…. lihatlah bagaimana cara mendapatkan dan membelanjakannya !!!

 

Mulai saat itu hamba Tuhan yang tinggal didunia diwajibkan zakat dan disarankan qurban, zakat diwajibkan Tuhan karena pelitnya Qobil akan mencelakakan manusia. Qurban disarankan Tuhan karena keihlasan Habil dalam mengorbankan dombanya yang tergemuk, sehat dan terbaik yang Habil miliki.

 

Untuk itu berqorbanlah dihari besar hari raya qurban dengan hewan yang terbaik sesuai kemampuan Anda, agar kau dicintai Tuhan….

 

Sebagaimana Allah tidak menyukai amal yang tak sepenuhnya untuk-Nya.  Dia juga tidak menyukai hati yang tidak sepenuhnya untuk-Nya.  Amal yang tidak sepenuhnya untuk-Nya tidak Dia terima dan hati yang tak sepenuhnya untuk-Nya tidak Dia pedulikan.

(Ibnu Atha’illah)


2 responses to “Hidayah Dari Kisah : HABIL QORBAN PERTAMA DIDUNIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: