Hidayah Dari Kisah : ADAM MELAHIRKAN HAWA

Image

Pada suatu saat suasana surga yang indah nan damai…. mahluk Tuhan yang namanya Adam duduk-duduk sendirian belum punya kawan, Adam meminta pada Tuhan agar diciptakan kawan sejenisnya yaitu manusia untuk kelengkapan hiburan disurga yang saat itu mahluk yang bernama manusia hanya dirinya yaitu Adam. Permintaan Adam dikabulkan Tuhan untuk menunggu pada saat tertentu akan diciptakan manusia kedua dengan bahan yang sama dari tulang rusuk Adam.

 

Sesuai janji Tuhan, waktu Adam tidur diambillah satu tulang rusuk Adam dan diciptakan oleh Tuhan seorang wanita yang sangat cantik, diberi nama Hawa yang artinya sangat cinta. Waktu Adam bangun dari tidurnya Hawa berada disampingnya sambil senyam-senyum manja, tentu Adam sangat kaget… geragapan dan langsung bertanya, siapa kau ?! saya adalah Hawa mas Adam…  begitu jawab wanita cantik yang tanpa busana tersebut. Adam tambah penasaran kok tahu namanya. Adampun bertanya; dik Hawa kok tahu nama saya siapa yang memberi tahu ? Jawab Hawa singkat jelas, Tuhan.

Ooooo… iya saya lupa, beberapa waktu yang lalu saya minta kepada Tuhan teman yang sejenis yaitu manusia untuk teman disurga, dan Beliau janji suatu saat akan diciptakan-Nya, lahir dari tubuh saya sendiri manusia yang sejenis sebagai teman disurga dan sekarang sudah dikabulkan permintaan saya.

 

Mereka berdua saling mengamati bentuk tubuh masing-masing, Adam pun berkata; saya amati kita serupa tapi tidak sama ya ? Adam dan Hawa saling memandang onderdil tubuh masing-masing, waaooowww… mereka berdua berteriak hampir bersamaan. Adam berkata; lain onderdil kita, saya punya burung kau tidak ?  Hawa pun menimpali ucapan Adam, dadaku gembung kau tidak ? Mereka berdua diam dan saling memandang mengamati perbedaan onderdil lainnya, kemudian Hawa mendekat ke Adam, segera Adam menjauh… dan berkata; dik Hawa jangan kau dekat denganku menjauhlah…!!!

Kenapa mas Adam kita berada disurga berdua mesti berjauhan ? Hawa bertanya pada Adam.  Adam menjawab; Tuhan telah memberi tahukan, jangan kau dekati buah kuldi kalau sudah Aku buatkan teman sejenismu, waktu itu saya iya walaupun belum tahu bentuk buah kuldi, baru setelah diciptakan teman saya terasa bahwa dik Hawa lah buah kuldi.

 

Mereka berdua diskusi masalah buah kuldi dan belum tahu bahwa mereka berlainan jenis, tahunya onderdilnya lain. Akhirnya mereka mengira-ira bahwa berlainan jenis itulah yang namanya buah kuldi, karena mereka merasakan detak jantung yang semakin keras setelah melihat perbedaan onderdil.

Adam menjelaskan kepada Hawa, Tuhan berfirman kepada saya sebelum kau diciptakan-Nya ; “Hai Adam, sesungguhnya iblis adalah musuhmu dan bagi istrimu, maka janganlah sampai sekali-kali ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkanmu menjadi celaka. Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan didalam surga dan tidak akan telanjang. Dan sesungguhnya kamu tidak akan merasa dahaga dan tidak pula akan ditimpa panas matahari didalamnya”

Atas penerangan Adam kepada Hawa masalah firman Tuhan, Hawa pun mengerti namun Hawa penasaran dan bertanyalah Hawa kepada Adam.

Mas Adam kita ini nantinya hidup didunia sebagai kallifah (wakil) Tuhan, untuk mengelola dunia, kita menunggu keputusan dari Nya untuk di eksport kedunia, kita disurga ini dilarang bersentuhan… inilah dekat tapi jauh, kita nanti disebut suami istri kalau sudah dinikahkan, sebelum nikah kita tidak boleh bersentuhan, maksimal hanya curi pandang saja, lalu mas Adam menghubungkan dengan buah kuldi, bagaimna itu jelasnya ?!

Adam menjawab pertanyaan Hawa ; saya hanya mengira-ira saja kan boleh ! saya belum tahu bentuknya buah kuldi, setelah kau diciptakan dengan onderdil yang berbeda dengan saya, kok hatiku dan hatimu kalau saling memandang apalagi memandang perbedaan yang nyata, yaitu buah kita berbeda. Kau punya buah dada saya tidak punya, aku punya buah pelir kau gak punya, coba lihat perbedaan kita, pasti jantung kita berdegup keras dan lama-lama nafas kita tersengal-sengal. Saya tidak tahu namanya….? karena belum dikasih tahu oleh Tuhan. Saya simpulkan, kita jalani saja perintah Tuhan gak usah mencari tahu pasti nanti dikasih tahu oleh-Nya. Maka kita jangan saling mendekat dan jangan berlama-lama saling memandang nanti bisa celaka, apalagi saling menyentuh buah kuldi, sebelum tahu kita waspada saja buah kuldi adalah buah yang kalau dipandang nafas menjadi ngos-ngosan seperti anjing, semakin kita langgar untuk memandang pasti kita jadi anjing, nafas ngos-ngosan terus keluar liur ingin menerkam buah kuldi. Kita wajib percaya kepada yang menciptakan kita yaitu Tuhan. Kita pasti di eksport ke dunia pada waktunya, kalau kita melanggar aturan-Nya kita dibuang kedunia sangat hina. Ekspor sama buang lain kan dik Hawa ?

Betuuul… mas Adam, saya sangat paham kita harus saling menjaga buah kuldi masing-masing, untuk menjaga mari kita cari daun yang lebar untuk membungkus buah kuldi kita.

 

Mereka berdua mencari daun yang lebar, lentur dan kuat untuk membungkus buah kuldinya dan membungkus badannya yang apabila berpandangan akan mengakibatkan nafas ngos-ngosan seperti anjing, dan buah kuldi mereka membesar. Saat itu mereka berdua belum tahu kalau itu namanya nafsu syahwat, dan belum tahu juga kalau syahwat itu dituruti akan mencalakakannya. Mereka juga belum tahu kalau jimak bisa melahirkan anak, tahunya hanya naluri ketaatan kepada Tuhan, dan mereka berdua sangat taat kepada Tuhan. Sungguh naluri suci akan menjadikan ahlaq yang suci pula, dan Tuhan hanya merima kesucian untuk menduduki surga, maka iblis diusir keluar surga karena kotor najis tidak suci lagi setelah terjadi pembangkangan kepada Tuhan, karena tidak taat menjalani perintah Tuhan untuk sujud kepada Adam.

Pertanda diawal jaman manusia sudah ditetapkan kalau mau menghadap Tuhan bersucilah, tidak ada tempat peribadatan penuh kotoran. Dan taatlah jangan membangkang karena ilmu manusia, setan maupun malaikat tidak ada setitik air lautan kalau dibanding ilmu Tuhan. Maka taatlah dan kerjakan sesuai peraturan Tuhan, bekerjalah dan berdoalah, didalam doa banyak keajaiban yang tidak akan mampu dilogikakan manusia. Pengetahuan Tuhan itu sangat luas tak terhingga, pengetahuan manusia itu sangat sempit sangat mudah diterka. Jika Tuhan menurunkan pengetahuan-Nya yang belum mampu dipikirkan manusia itulah yang disebut ajaib, tidak masuk akal manusia. Sungguh Tuhan itu logic tidak ajaib, hanya kita yang belum mampu dan tidak akan mampu menampung pemikiran Tuhan, kalau kita mendapat keajaiban dari Tuhan itu sebenarnya kita tidak mendapat keajaiban, namun kita mendapat karomah (penghormatan) dari Tuhan, diberi bocoran ilmu-Nya.

 

Sudah cukup lama Adam dan Hawa tinggal disurga dan bisa menjaga buah kuldinya, pada suatu ketika iblis mencuri-curi menyelinap masuk surga untuk menggoda Adam dan Hawa dengan target utama mencelakakan mereka agar dibuang kedunia menjadi kawan iblis didunia. “iblis membisikkan pikiran jahat kepada Adam, dengan berkata ; Hai Adam, maukah aku tunjukkan kepadamu buah kuldi yang nikmat dan tidak pernah binasa kalau kamu memakannya ?

Atas bisikan dan rayuan iblis, Adam memakan buah kuldi yang selalu ada didekatnya, mereka berdua sudah buta, tuli dan bisu hatinya lupa akan perintah Tuhan yang melarang makan buah kuldi, sudah jelas buah kuldi itu adalah buah terlarang. Setiap yang dilarang Tuhan janganlah kau langgar karena itu adalah buah kuldi, setiap perintah Tuhan laksanakan itulah buah berkah dari-Nya.

 

Tuhan murka kepada Adam dan Hawa atas pelanggaran tersebut, Tuhan berfirman ; “Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk dari-Ku, lalu barang siapa yang yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta.

Atas firman Tuhan tersebut Adam bertanya pada Tuhan ; “Ya Tuhan ku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku adalah seorang yang dapat melihat ?

Tuhan berfirman kepada Adam ; “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat–Ku, dan kamu melupakannya, begitu pula pada hari ini kamupun melupakan” (QS.20: 115-126).   

 

Adam dan Hawa akhirnya diturunkan kebumi, karena telah melanggar peraturan Tuhan. Adam dan Hawa dibumi tetap bertugas sebagai kalifah (wakil) Tuhan untuk mengelola bumi. Adam diturunkan digunung Samanala di India (sekarang masuk wilayah Sri Lanka, dikenal dengan gunung Adam-Sinhala Samanalakanda) dan Hawa diturunkan di Jeddah Arab Saudi.

Mereka berdua diturunkan dibumi berjauhan dan saling tidak tahu dimana dia berada, suatu hukuman yang berat berpisah, berjauhan, tidak tahu tempat dan arah kemana harus mencari pasangan yang sangat dicintai.

 

Dalam hadis disebutkan ; “…. kalau bukan karena Hawa, niscaya tidak akan ada wanita yang mengkhianati suaminya” (HR.Al-Bukhari)

 

Dalam Taurat yang berada ditangan Ahlul Kitab disebutkan, bahwa yang memakan buah kuldi adalah Hawa kemudian merayu Adam untuk ikut memakannya.

 

Siapapun yang memulai duluan, tetaplah mereka berdua melanggar peraturan Tuhan. Mereka terkena rayuan iblis, dan iblis berekrar manusia adalah musuh utamanya dalam kehidupan dibumi. Tugas utama iblis adalah menjerumuskan manusia agar menjadi kawannya sebagai penghuni neraka.

Maka waspadalah wahai manusia, dimana saja kapan saja selama Anda masih menjadi penghuni bumi iblis pasti menggoda dengan rayuan keindahan dunia.

Dunia itu adalah hiasan yang menipu……

 

Jika kau yakin bahwa kau akan sampai kepada-Nya hanya setelah lenyapnya semua keburukanmu dan sirnanya semua hasratmu, kau selamanya tak akan sampai kepada-Nya.

Akan tetapi, jika Dia menghendakimu sampai kepada-Nya, Dia akan menutupi sifatmu dengan sifat-Nya dan watakmu dengan watak-Nya. Dia membuatmu sampai kepada-Nya dengan kebaikan yang diberikan-Nya kepadamu, bukan dengan kebaikan yang kau persembahkan kepada-Nya.

(Ibnu Atha’illah) 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 


One response to “Hidayah Dari Kisah : ADAM MELAHIRKAN HAWA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: