NAMA

Image

Masyarakat bumi bagian barat mengatakan apa arti sebuah nama ….

Masyarakat bumi bagian tengah mengatakan nama adalah do’a ……

Masyarakat bumi bagian timur mengatakan nama membawa keberuntungan …..

 

Tuhan Maha Segalanya pencipta bumi seisinya luar biasa hebatnya, semua ciptaannya penuh dengan hitungan, virus yang sangat kecil dan gajah yang besar diciptakan dengan hitungan–Nya, yang kita tidak mampu menghitung proses kejadiannya.

Tuhan menciptakan bumi dibagi tiga bagian yaitu bumi bagian barat, tengah dan timur dengan warna kulit dan budaya yang berbeda-beda. Dari satu kata nama menjadi tiga filosofi sesuai bagiannya, masyarakat bumi bagian barat nama hanya sebagai tanda saja sebagai pengenal bahwa dia namanya XYZ. Masyarakat  bumi bagian tengah nama adalah doa, maka namanya berfilosofi doa seperti Muhammad, Ibrahim, Yusuf, Hanif, Habibi dan lain sebagainya semua artinya adalah kebaikan doa. Masyarakat bumi bagian timur nama membawa keberuntungan, maka nama-nama keberuntungan yang dipakai, seperti Selamet, Bejo, Sugiharto, Mukti, Lim shio liong,  Ang Kang Ho, Haruto,  dan lain-lain. Semua berfilosofi keberuntungan.

 

Betulkah nama-nama tersebut membawa keberuntungan, sebagai doa dan pertanda saja ?

Betuuul….!!!

Apa dasarnya ?!

Firman Tuhan yang berbunyi “Aku menurut prasangkaan hamba-Ku”

 

Dibelahan bumi bagian barat nama sebagai pertanda saja, dibelahan bumi bagian tengah nama adalah doa, dibelahan bumi bagian timur nama membawa keberuntungan. Hal tersebut sangat mempengaruhi perilaku masyarakatnya, karena semua manusia itu mempunyai sifat aktualisasi, keakuan atau penuhanan diri sendiri, rasa ingin diakui oleh masyarakat bahwa dia adalah terhebat diantara lainnya.

Pengakuan masyarakat dibumi bagian barat yang berfilosofi nama adalah pertanda saja, maka orang terhormat kalau kaya raya. Penghormatan masyarakat pada harta benda.

Pengakuan masyarakat dibumi bagian tengah yang berfilosofi nama adalah doa, maka orang terhormat jika dia pandai dalam agama dan ahli ibadah. Di Madinah Arab Saudi imam masjid Nabawi lebih terhormat dari pada gubernurnya.

Pengakuan masyarakat dibumi bagian timur yang berfilosofi nama adalah keberuntungan, maka orang terhormat jika dia bijaksana berguna bagi masyarakat dan sederhana. Seperti Sunan Kalijaga, beliau mantan bromocorah karena perubahan ahlaqnya beliau menjadi Ki (Kyai) Sunan Kalijaga yang terhormat sampai saat ini. Gelar Kyai dan Sunan diperoleh karena kebaikan dan kesederhanaan beliau.

 

Dari tiga belahan bumi membawa keberkahan masing-masing sesuai prasangka masyarakatnya  yang semuanya adalah hamba Tuhan. Masyarakat bumi bagian barat terhormat karena kaya, masyarakat bumi bagian tengah terhormat karena ahli agama, masyarakat bagian timur terhormat karena sederhana.  Dari tiga belahan bumi terglobalisasi menjadi three in one, yaitu kaya doa sederhana artinya kayalah dengan bekerja dan doa (ora et labora) jangan korupsi dan sederhanalah dalam hidup walaupun sudah kaya berkecukupan agar hidup bermanfaat berguna bagi sesama manusia.

 

Zaman globalisasi banyak orang tua yang memberi nama anaknya dari  rangkuman nama tiga belahan bumi, silahkan asal jangan merubah budaya setempat, jika hanya belajar budaya lain belahan bumi silahkan saja.

Nama rangkuman tiga belahan bumi seperti ; Ahmad Robert Bejo Sugiharto yang artinya, Terpercaya Tak tahu artinya Beruntung Kaya Harta.

 

Selamat membuat nama yang baik sesuai cita-cita Anda namun harus ora et labora berdoa dan berusaha – berdoa dahulu sebelum bekerja. Jangan berharap hanya bermodal nama baik Anda menjadi orang yang baik. Banyak yang bernama Bejo hidupnya sial terus, Slamet hidupnya celaka terus, Sugiharto hidupnya melarat, Ahmad hidupnya menipu, Amin hidupnya Astohfirullah…..

 

Tidak sedikit umur yang panjang, namun kurang bermanfaat. Tidak sedikit pula umur yang pendek, namun penuh manfaat.

 

Siapa yang usianya diberkahi maka dalam waktu singkat, ia mendapat anugerah Allah yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata dan tidak bisa dijangkau dengan isyarat.

 

Sungguh amat disayangkan bila kau terbebas dari kesibukan, namun tak juga menghadap kepada-Nya atau bila kau hanya mendapat sedikit rintangan, tetapi tak juga beranjak menuju-Nya.

(Ibnu Atha’illah)

 

 

“Sebutlah nama-Nya, yang ada dalam namamu”

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

 

 

Semoga Bermanfaat …..

Salam dari Surga …………

 


3 responses to “NAMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: