PESAING

Image 

Hidup lebih hidup…. begitulah bunyi iklan, saya berpikir hidup lebih hidup bagaimana ya ?  setelah saya amati dengan teliti iklan tersebut memang benar hidup lebih hidup kalau ada teman beraktivitas bersama.

Semua mahluk memerlukan kawan yang seirama gaya hidupnya, ayam saja akan berkelompok dengan jenis dan gaya hidup yang sama, ayam kampung berkelompok dengan ayam kampung, ayam hutan, ayam petelor, ayam bangkok, ayam arab, ayam hias, semua bisa hidup dengan yang sejenisnya.

Begitu juga manusia akan berkelompok sesuai gaya hidup dan hobinya, pembohong akan berkelompok dengan pembohong,  orang baik berkelompok dengan orang baik, salesman, direktur, politikus, pemusik dan macam-macam profesi akan berkelompok sesuai profesinya.

Dalam satu komunitas yang sejenis terjadi pengelompokan lagi sesuai pola pikirnya, pola pikir konservatif, moderat, risk taker, risk avoider dan macam-macam pola pikir, dari kelompok pola pikir dan gaya hidup yang sama tersebut akan menjadi kekuatan, suatu kekuatan harus ada kesamaan pola pikir dan gaya hidup terlebih dahulu, kalau sudah sama mudah untuk membuat system dan strategi.

 

Hidup lebih hidup….., memang benar kalau kita berkelompok dengan yang se-ide, sepikiran, sehobi, segaya hidup, semua ada kesamaan pikiran. Setelah berkelompok carilah pesaing yang sejenis dengan produk kita agar lebih hidup lagi, motor Honda bebek pesaingnya motor Yamaha bebek, mobil Daihatsu xenia pesaingnya mobil Toyota avansa. Mobil sedan Toyota Corolla tidak akan bersaing dengan mobil Daihatsu xenia.

 

Hidup lebih hidup….., memerlukan pesaing tanpa pesaing hidup akan hampa statis akhirnya apatis, kalau sudah apatis tidak berguna lagi hidup ini lebih baik mati. Ciptakan pesaing dalam hidup agar hidup lebih dinamis, kreatif, inovatif, optomis selalu berguna bagi masyarakat karena bersaing itu pasti produktif, kebiasaan bersaing membentuk pola pikir kreatif karena selalu berpikir sebelum bertindak, sebab-akibat, aksi-reaksi, potensial problem sudah terpikir di-otak sebelum bertindak. Otak yang aktif selalu berfikir menciptakan pesaing dengan adanya pesaing akan tercipta ; kehidupan yang lebih hidup.

Selamat menciptakan persaingan agar otak sehat…. hidup lebih hidup…….

 

Ilustrasi :

Ketika kaum muslimin dalam perjalanan kembali dari kemah Bani Mustaliq, Aisyah tertahan karena ia kehilangan sebuah kalung. Aisyah akhirnya menemukan kalung tersebut, tapi ia tertinggal dari rombongan. Kemudian ia tertidur ditempat mereka mendirikan kemah malam sebelumnya. Tiba-tiba ia dibangunkan oleh seseorang yang mendudukkannya diatas unta, dan orang itu sendiri memegang tali kendali, lalu membawa Aisyah kembali ke Madinah.

Ketika mereka tiba dikota Madinah, ada beberapa orang munafik yang memanfaatkan peristiwa itu untuk menyebarkan skandal bohong tentang Aisyah. Salah seorang dari mereka adalah Mistah, saudara Abu Bakar yang biasa menerima tunjangan bulanan dari kerabatnya yang kaya. Ketika Abu Bakar mengetahui bahwa Misbah termasuk salah seorang dari mereka yang memfitnah Aisyah, ia bersumpah bahwa ia tak akan memberi santunan dalam bentuk apapun lagi pada Mistah.

 

Salah satu ayat al-Quran menyatakan : “Janganlah orang-orang yang terhormat dan kaya diantara kalian bersumpah untuk tidak memberikan sesuatu pada keluarganya yang miskin dan berhijrah karena Allah. Lebih baik berikan pengampunan dan maaf pada mereka. Apakah kau tidak ingin Allah memaafkanmu ? Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun dan Pemaaf. (QS.24:22)

 

Demi mendengar bunyi ayat tersebut, Abu Bakar berkata, “Tentu saja aku ingin Allah mengampuniku”

 

Bukti kebodohan seseorang adalah selalu menjawab semua pertanyaan, menceritakan semua yang dilihat, dan menyebut semua yang diketahui.

 

Ada orang-orang yang Allah tetapkan untuk melayani-Nya.

Ada pula orang-orang yang Allah pilih untuk mencintai-Nya.

“Kepada tiap-tiap golongan, baik golongan ini mupun golongan itu. Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidaklah terbatas” (QS.17:20)

(Ibnu Atha’illah)  

 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

Semoga bermanfaat….

Salam dari Surga ………   


3 responses to “PESAING

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: