GILA

Image

Gila….. masyarakat pada umumnya berpendapat bahwa gila itu hilang ingatan sehingga kehidupan maupun bicaranya tidak normal. Ternyata pendapat itu salah. Orang gila ternyata kehidupan dan kata-katanya normal seperti kehidupan harian dimasyarakat. Orang gila bukan orang hilang ingatan seperti pendapat orang pada umumnya. Untuk lebih jelasnya saya sampaikan suatu kejadian pada jaman Nabi Muhammad.

 

Di suatu pasar ada orang-orang berkumpul sambil tertawa riuh dan berteriak suka ria menggoda satu orang yang dikerumuninya. Saat itu Nabi berjalan melewati sekumpulan manusia yang riuh tersebut. Lalu Nabi bertanya kepada salah satu orang yang berkumpul tersebut, “Ada apa ini ?”. Orang tersebut menjawab, ”Ada orang gila yang dipermainkan teman-teman untuk hiburan.”

 

Mendengar jawaban orang tersebut Nabi ikut bergabung ke dalam kerumunan. Beliau kemudian menghampiri dan mengajak orang yang dianggap gila pergi dari kerumunan orang-orang yang menggodanya.

 

Sebelum meninggalkan kerumunan Nabi bersabda, “Sahabat-sahabatku, ketahuilah orang ini tidak gila, orang ini sakit maka bisa disembuhkan! Ketahuilah bahwa orang gila itu adalah  orang yang mengambil hak orang lain atau mencuri, zina, mabuk, narkoba, berbohong dan judi, maka hindarilah perbuatan tersebut agar engkau tidak gila.”

 

Setelah kita mengetahui bahwa gila itu adalah kelakuan orang normal yang merugikan orang lain, maka kita wajib menghindari perbuatan gila tersebut agar tidak termasuk golongan orang gila yang tentu dibenci masyarakat dan Tuhan, serta dapat mengakibatkan kebangkrutan harta benda dan ruhani.

 

Sukses di dunia dan di akhirat adalah sukses abadi yang diidamkan oleh semua manusia. Modal utamanya hanya satu yaitu jangan gila.

Marilah kita menggapai sukses di dunia dan di akhirat dengan saling mengingatkan agar tidak berkelakuan gila, dan saling mengingatkan untuk berbuat baik dan sabar.

 

Ketika kau sedih lantaran tidak disambut oleh manusia atau dicela oleh mereka, kembalilah pada pengetahuan Allah tentang dirimu. Jika pengetahuan-Nya tidak juga membuatmu puas, deritamu lantaran tidak puas dengan pengetahuan-Nya jauh lebih menyakitkan dari pada derita karena disakiti manusia.

 

Allah mendatangkan gangguan lewat tangan manusia agar kau tidak merasa tenteram bersama mereka. Dia ingin membuatmu kesal terhadap segala sesuatu agar tidak ada yang melalaikanmu dari-Nya.

(Ibnu Atha’illah)

 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

 

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga ……….

 


4 responses to “GILA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: