GENERASI ENTREPRENEUR

Image

Senyuman Anda adalah sedekah. Ajakan berbuat baik yang Anda lakukan adalah sedekah. Menunjukkan jalan untuk seseorang yang sedang tersesat adalah sedekah. Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah. Menuntun orang buta adalah sedekah. Dan sedekah paling utama adalah sesuap makanan yang Anda berikan kepada fakir dan miskin.

Pengertian sedekah saat ini telah bergeser. Sebenarnya sedekah adalah akhlak atau karakter mulia. Sedekah paling utama adalah memberi makan kepada fakir dan miskin. Arti memberi makan adalah membuka lapangan kerja untuk fakir (orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap) dan miskin (orang yang mempunyai pekerjaan tetap namun hasilnya tidak cukup untuk makan dalam 1 bulan).

Generasi saat ini adalah generasi canggih yang patut menjadi generasi entrepreneur yaitu generasi pemberi sedekah (pembuka lapangan kerja).

Modal utama entrepreneur bukan materi tetapi mental yang berkarakter mulia. Materi mudah dicari jika memiliki mental berkarakter mulia. Langkah awal entrepreneur adalah menjual jasa tanpa harga yaitu, bantulah orang lain yang memiliki aset dengan pikiran (ide) dan tenaga Anda. Dengan demikian, Anda telah menanam modal kepercayaan. Jika mereka puas dengan ide dan kerja Anda, mereka akan memodali usaha Anda…..  Mudah sekali bukan ?!

Semua usaha itu mudah jika pola pikir Anda sederhana dan pragmatis. 3 kali pikir 1 kali gerak. Jangan 10 kali pikir 1 kali gerak. Hal tersebut hanya akan membuat Anda menjadi pelamun dan tidak bergerak. Karena terlalu banyak Anda berpikir maka Anda akan semakin ragu. Begitu juga jangan 1 kali pikir langsung bertindak sebab Anda akan gagal karena terburu-buru dan tidak ada back up pemikiran sebagai pengaman.

Contoh 3 kali pikir 1 kali gerak, sebagai berikut : Anda melangkah maju dan gagal, masih punya 2 jalan yaitu maju melalui samping kiri atau kanan. Lalu Anda maju lagi dan gagal Anda tetap masih memiliki 2 jalan samping kiri dan kanan. Anda harus maju terus dengan berbagai cara jangan tinggalkan doa, ora et labora sampai sukses. Dan jangan lihat ke belakang.

Kalau Anda memakai 4 kali pikir 1 kali gerak, pasti pemikiran yang satu adalah mundur. Contoh 4 kali pikir satu kali gerak, sebagai berikut : Anda melangkah maju dan gagal masih ada 3 jalan yaitu, maju melalui samping kiri atau kanan dan mundur. Anda akan memilih yang mundur karena sifat manusia adalah lemah dan menyerah. Betul kan ?!

Hilangkan sifat lemah dan menyerah dengan cara membuat 2 pilihan yang harus maju, ingat motivasi pepatah, ”Dimakan bapak mati, tidak dimakan ibu mati.” Anda harus memilih dengan cerdas dan cerdik bagaimana agar keduanya tidak mati ?!

Perbaiki karakter Anda agar bisa menembus tantangan di era entrepreneur yaitu era kemandirian yang penuh tantangan, era generasi pemberi sedekah (pembuka lapangan kerja). Awali dari pengamatan diri karena nasib Anda ada dipikiran Anda sendiri.

Amatilah pikiranmu, karena akan menjadi ucapanmu.

Amatilah ucapanmu, karena akan menjadi tindakanmu.

Amatilah tindakanmu, karena akan menjadi kebiasaanmu.

Amatilah kebiasaanmu, karena akan menjadi karaktermu.

Amatilah karaktermu, karena akan menjadi nasib (takdir) mu.

Karakter generasi entrepreneur adalah karakter juara, selalu berlatih dan tidak ada kata menyerah. Musuh Anda ada dalam diri Anda sendiri. Setiap hari Anda harus giat berlatih agar tiap hari naik kelas.

Hari ini lebih buruk dari hari kemarin adalah celaka…..

Hari ini sama dengan hari kemarin adalah merugi…..

Hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah beruntung….

Begitulah pesan Nabi Muhammad. Maka sebagai generasi entrepreneur harus ber-ahlak (karakter) baik agar selalu beruntung.

Ilustrasi :

Nabi Yusuf adalah nabi yang paling cakep pada zamannya. Sebelum sukses menjadi perdana menteri di Mesir, ujian hidupnya cukup berat. Sewaktu kecil Yusuf dibuang oleh kakak-kakaknya, akan dibunuh oleh salah satu kakaknya karena rasa cemburu kepada Yusuf yang sangat disayang bapaknya yaitu nabi Ya’qub. Ide pembunuhan di stop oleh kakaknya yang bernama Bunyamin, akhirnya Yusuf tidak dibunuh dan dibuanglah Yusuf kedalam sumur. Setelah dibuang kedalam sumur, Yusuf ditemukan oleh saudagar dari Mesir dan dibawalah Yusuf ke Mesir.

Sesampainya di Mesir Yusuf dijual sebagai budak, dan dibeli oleh seorang pejabat yang kaya raya namun tidak punya anak.

Karena kerja Yusuf yang rajin dan berahlak baik, serta kecakepannya yang menawan, maka Yusuf diangkat anak oleh pejabat tersebut.

Pada suatu hari bapak angkat Yusuf pergi keluar kota, dirumah hanya ada Yusuf dan ibu angkatnya yang bernama Zulaiha. Suatu kejadian yang tidak masuk akal bagi Yusuf yaitu Zulaiha berusaha memperkosa dirinya. Yusuf menolak dengan lari loncat jendela dan ditariklah baju Yusuf, maka robeklah baju Yusuf dibagian belakang. Setelah diadili dipengadilan negara, keputusannya adalah Yusuf yang benar, namun atas kezaliman penguasa demi nama baik pejabat didalam negaranya, Yusuf yang dimasukkan penjara dengan tuduhan yang diputar balikkan sehingga terkesan Yusuf yang memperkosa.

Didalam penjara Yusuf tidak mengeluh tetap bekerja dan berdoa dengan baik. Pada suatu ketika kawan sekamarnya bermimpi bahwa dia jualan roti dan roti yang dijualnya dimakan burung gagak, kawannya bertanya pada Yusuf, tanda mau ada apa dengan mimpiku ?  Jawab Yusuf, kau akan dihukum mati. Satu kawan lagi juga bermimpi jualan roti, rotinya laris sekali sampai sang raja jadi langganannya. Tanda mau ada apa dengan mimpiku ? tanya kawan yang satunya. Jawab Yusuf, kau akan bebas dari penjara dan menjadi juru masak kerajaan yang sangat disayang oleh raja.

Ternyata ramalan Yusuf 100% benar, kawan yang satu dihukum mati dan yang satunya jadi juru masak kerajaan yang disayang raja.

Pada suatu hari raja bermimpi, ada 7 sapi kurus dan 7 sapi gemuk, 7 sapi yang kurus memakan 7 sapi yang gemuk, atas mimpi tersebut raja ingat terus mimpinya sampai mengganggu kerjanya. Raja bertanya kepada juru masak kesayangannya, apa arti mimpi raja ?  Tentu dia tidak bisa mengartikan dan juru masak itu menceritakan kejadian mimpinya tempo hari yang sangat tepat diramal oleh Yusuf.  Maka Yusuf dipanggil raja dan ditanya arti mimpi raja. Yusuf menjawabnya, bahwa akan datang musim subur 7 tahun dan masa kering 7 tahun, maka waktu musim subur 7 tahun harus berhemat dan membuat lumbung (tempat penyimpanan) gandum untuk hidup pada musim kering 7 tahun, sehingga rakyat tidak menderita dan negara tidak bangkrut.

Raja sangat kagum pada Yusuf atas ramalannya yang tepat, maka Yusuf diangkat menjadi menteri keuangan.  Pada musim subur Yusuf diangkat menjadi perdana menteri oleh raja untuk mengatur perekonomian negara dan juga masalah pertahanan dan keamanan, untuk persiapan nanti dimusim kering.

Musim kering tiba, kerajaan Mesir tetap jaya, negara-negara tetangga membeli gandum dari Mesir. Kerajaan Mesir sukses luar biasa dalam pimpinan Yusuf.

Negara jaya raya, Yusuf mencari saudaranya yang dahulu berencana membunuhnya dan juga mencari bapaknya nabi Ya’qub yang telah buta karena bertahun-tahun menangis mencari Yusuf.

Zulaiha mantan ibu angkatnya juga dicari, Zulaiha sudah janda dan dinikahi oleh Yusuf…. Zulaiha kau gak perlu malu dan gak perlu memperkosa aku lagi, ku serahkan raga dan jiwaku nikmati sepuasmu, mungkin begitu kata Yusuf….

Penderitaan dan fitnah yang menimpa Yusuf tidak menggoyahkan imannya, kejahatan kakak-kakaknya dibalas dengan kebaikan tanpa ada dendam sedikitpun. Fitnah dari Zulaiha tidak dibalas dengan fitnah, bahkan Zulaiha dinikahi dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Semua kejadian yang menimpa manusia adalah dari Tuhan, keberuntungan dan sial adalah milik-Nya.  Kewajiban dan kemampuan manusia hanyalah menjalani dan mensukurinya. Itu lah karakter entrepreneur …..  Karakter Yusuf,  karakter entrepreneur sejati ……..

Orang-orang yang sedang menuju Allah mendapat petunjuk melalui cahaya perjalanan, sedangkan orang-orang yang sudah sampai kepada-Nya mendapat petunjuk melalui cahaya pertemuan dengan-Nya. Golongan pertama mendatangi cahaya, sedangkan golongan kedua didatangi oleh cahaya.

Allah berfirman, ”Katakan ’Allah’ lalu biarkan mereka bermain-main dalam kesibukannya” (QS.6:92)

 

”Hendaklah orang yang diberi keluasan rezeki memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya”  (QS.65:7)

(Ibnu Atha’illah)

 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga ……….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: