6000 BAYANGAN 1 TINDAKAN

Image

Anda pasti belum pernah menghitung berapa ribu bayangan yang terbesit di pikiran kita  dalam sehari ?!

 

Dalam sehari, bayangan yang lewat dalam pikiran kita minimal ada 6000 bayangan. Mulai dari bayangan masa lalu, masa kini sampai masa yang akan datang. Bayangan tersebut keluarnya secara tidak beraturan, amburadul dan tidak bisa dikoordinasi. Hal tersebut terjadi pada semua manusia. Itulah yang namanya lamunan. Bayangan yang dapat diketahui awalnya, namun tidak jelas akhirnya.

Awalnya pasti Anda tanpa sengaja terbayang masa lalu, maka pikiran Anda bernostalgia ke masa lalu sehingga otak Anda akan berandai-andai, “Jikalau… Andaikan… Apabila…  dan lain sebagainya”.

Sebelum Anda berakhir membayangkan masa lalu tiba-tiba muncul bayangan yang akan datang. Belum jelas bayangan masa yang akan datang….. muncul bayangan saat ini, bayangan pacar, istri, suami, anak, kawan, lawan, tetangga, pekerjaan dan lain-lain. Semuanya benar-benar kacau balau tanpa akhir.  Begitulah isi otak Anda setiap harinya, selalu terbayang masalah yang tidak bisa Anda kendalikan. Otak perlu dilatih untuk mengelola ribuan bayangan yang datang. Bayangan ibarat jailangkung, datang tak diundang dan pulang tak diantar.

 

Bagaimana cara mengelola otak agar produktif dan bisa menghindari bayangan fatamorgana ?

 

Mengelola sesuatu yang non fisik yaitu bayangan yang ada diotak perlu mengetahui pola dasar sebab munculnya bayangan tersebut. Selain itu juga perlu mengetahui siapa yang memasukkan bayangan tersebut ke dalam otak.

Manusia lupa bahwa dalam kehidupan di dunia ini ada mahluk selain manusia yang tugas utamanya adalah menyesatkan manusia yaitu setan. Sifat setan adalah ada awal tiada akhir. Sedangkan sifat manusia adalah ada awal – ada akhir.  Dan sifat Tuhan yaitu tanpa awal tanpa akhir.  Itulah sifat-Nya Yang Maha Esa. Sifat yang Maha Tunggal, Maha Kuasa, Maha segala-Nya.

Yang memasukkan ribuan bayangan tersebut adalah mahluk yang ada awal tanpa ada akhir yaitu setan. Maka bayangan yang ada di otak Anda itu adalah dari setan. Mereka membawa bayangan masa lalu agar Anda berandai-andai dan bernostalgia ke masa lalu.  Jika kejadian masa lalu jelek menyesal dan jika kejadian masa lalu bagus bangga.  Padahal membayangkan masa lalu itu kontra produktif. Bayangan masa lalu belum selesai, setan sudah memasukkan bayangan yang akan datang ke otak Anda dengan penuh harapan sehingga Anda akan berfikir tidak realistis dan penuh harapan. Sehingga Anda akan berandai-andai, “Jikalau…., Andaikan….., Apabila….., dan lain sebagainya” sampai Anda malas menggerakan badan. Tidak ada action sama sekali. Tentu saja tidak akan produktif.

 

Otak Anda penuh dengan bayangan minimal 6000 bayangan dalam sehari tanpa satupun tindakan. Jika demikian, Anda pasti tidak akan produktif dan selalu membenarkan bayangan menyalahkan orang lain. Semakin Anda menoleransi bayangan setan tersebut, Anda akan terjerumus semakin dalam. Sehingga hanya mendapatkan putus asa dan frustasi. Anda putus asa dan frustasi maka kemenangan bagi setan.

 

Kelolalah otak Anda sesuai kemampuan Anda. Langkah pertama yaitu ingatlah selalu bahwa Anda adalah mahluk mulia yang bernama manusia yang memiliki keterbatasan dan keunggulan. Jika Anda selalu memegang prinsip sifat dasar manusia yaitu ada awal dan ada akhir, maka pola pikir Anda akan normal, tidak meloncat-loncat seperti sifat setan yang ada awal tanpa akhir. Berpikirlah step by step. Ada start dan finish dalam berpikir. Dengan pola pikir ada awal ada akhir maka cara berpikir Anda akan tersusun. Utamakan yang mendesak (urgent) dan observasi suasana yang melingkupi hal yang urgent tersebut. Kemudian inventarisasi persoalannya dan segera putuskan. Pola pikir manusia yang unggul harus bisa dideteksi alur pikirannya. Sehingga jika terjadi kesalahan dalam keputusan mudah untuk memperbaikinya. Jika Anda tidak punya alur pola pikir lalu timbul keputusan yang salah, pasti Anda akan menyalahkan orang lain. Ketika Anda menyalahkan orang lain maka akan rusak sistematika pola pikir Anda, dan tidak akan menemukan solusi. Biasakanlah bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu. Begitulah pola pikir manusia unggul yang selalu ingat bahwa dirinya memiliki keterbatasan. Keputusan bersama itu lebih baik daripada keputusan sendiri. Ingatlah selalu bahwa Anda manusia mulia yang ada awal dan ada akhir. Jangan sampai terjerumus oleh godaan setan yang selalu mengajak berkhayal dan membawa pola pikir Anda seperti sifat setan, ada awal tiada akhir. Hal tersebut bisa membuat Anda terjerumus dalam frustasi.

 

Stop ribuan bayangan yang masuk ke otak Anda. Seleksilah dalam memasukkan bayangan. 99 bayangan saja di otak sudah cukup. Kemudian kerucutkan menjadi 33 pikiran dan sisakan 3 saja untuk memutuskan yang 1. Itulah yang saya sebut 6000 bayangan 1 tindakan. Buang bayangan liar sebanyak 5,967. Sisakan 33 bayangan yang mampu Anda pikirkan. Dan dalam 1 keputusan harus punya 2 cadangan keputusan. Maka saya sebut sisakan 3 untuk memutuskan yang 1.

 

Ilustrasi :

Nabi Ibrahim sewaktu mendapat perintah dari Tuhan untuk menyembelih anak satu-satunya yaitu Isma’il, Ibrahim ragu dan hampir menolak perintah Tuhan. Sebelum mengeksekusi, Ibrahim bertanya kepada Isma’il, apakah mimpiku ini benar bahwa Tuhan memerintahkan aku untuk menyembelihmu ?  Jawab Isma’il tegas, bahwa jika bapak yakin dengan mimpi itu segera leksanakan perintah Tuhan sembelihlah aku, begitu jawab Ismail penuh keimanan (keyakinan). Sewaktu perjalanan menuju tempat penyembelihan dipegunungan Arafah, setan menghalang halangi agar Ibrahim tidak melaksanakan perintah Tuhan. Setan berkata dengan beribu-ribu bahasa dan alasan, akulah malikat…. aku bukan setan dan akulah yang membawa berita kebenaran dari Tuhan, tidak ada perintah dari Tuhan. Kalau kau diperintahkan untuk menyembelih anakmu, Tuhan mana yang memerintahkan pembunuhan terhadap anaknya? mimpimu itu bohong, yang memerintahkan kamu semalam adalah setan bukan malaikat. Atas rayuan dan ribuan bayangan setan tersebut, Ibrahim hampir mengikuti rayuan setan tidak menyembelih Ismail. Dengan teriakan keras Ismail berkata…. Bapak abaikan “ribuan bayangan setan segera ambil satu tindakan”, jangan percaya bayangan dan rayuan setan kunyuk bedebah yang menjerumuskan, lemparlah dengan batu setan-setan tersebut. Ibrahim pun mengambil batu melempar setan penjerumus tersbut, namun setan menghindar dan tidak kena lemparan batu. Isma’il marah mengambil batu melemparkan batu tersebut kearah mata setan, lemparan Ismail tepat mengenai mata setan yang mblolok besar, pecahlah mata setan berdarah-darah dan setan lari tunggang langgang menjahui Ibrahim dan Ismail.

Setelah tidak ada gangguan setan, Ibrahim melaksanakan perintah Tuhan yaitu menyembelih Ismail dipegunungan Arafah. Tepat waktu Isma’il disembelih sebagai korban, Tuhan menurunkan kambing putih besar gemuk muda dari langit yaitu kambing korbannya Habil putra Adam yang dibunuh Qobil (kakak Habil), Tuhan menggantikan Isma’il dengan kambing korbannya Habil.

Mulai saat itu diperintahkan umat islam untuk menyembelih kambing dihari raya haji untuk korban dan dibagikan kepada fakir-miskin, sebagai lambang keimanan dan syukur serta kasih sayang kepada fakir-miskin.

 

Jadilah manusia mulia yang mahir dalam mengelola keunggulan dan keterbatasan, serta bisa menyingkirkan godaan setan dalam pikiran…..

 

Berhati-hatilah bila kebaikan Allah selalu kau dapatkan bersamaan dengan maksiat yang terus kau lakukan !

Berhati-hatilah…!  Bisa jadi, itu adalah awal kehancuranmu yang berangsur-angsur.  Allah berfirman, “Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur kearah kebinasaan dengan cara yang tidak mereka ketahui” (QS,7:182).

 

Alam ini lahirnya berupa tipuan, sedangkan batinnya berupa pelajaran. Diri (nafsu) melihat kepada lahirnya yang menipu, sedangkan kalbu melihat kepada batinnya yang menjadi pelajaran.

 

Semasa lapang, nafsu bisa mempunyai andil melalui rasa gembira.

Semasa sempit, nafsu tidak bisa mempunyai andil apa-apa.

 

Jika engkau menginginkan kemuliaan yang abadi, jangan membanggakan kemuliaan yang fana.

(Ibnu Atha’illah)

 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

 

Semoga Bermanfaat …..

Salam dari Surga ……….


One response to “6000 BAYANGAN 1 TINDAKAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: