BERTINDAK CEPAT DI SAAT TEPAT

Image

Kecepatan belum tentu menghasilkan ketepatan. Begitu juga ketepatan tidak harus dengan kecepatan. Orang jawa bilang alon-alon asal kelakon (pelan-pelan asal sampai tujuan). Orang dinegara barat mengatakan slow but sure – pelan tapi pasti. Bahasa tersebut berfungsi menghibur diri-sendiri agar tidak frustasi ketika belum berhasil mewujudkan cita-cita yang sudah lama diidamkan. Cara menghibur diri seperti bahasa di atas sangat bagus agar kita terhindar dari frustasi yang dapat melemahkan daya juang. Bahasa tersebut juga bisa memunculkan semangat di dalam diri. Semangat itu adalah mesin untuk menggerakan jiwa dan raga menuju cita-cita. Namun ada kalanya kekuatan mesin itu menurun. Sewaktu kekuatan mesin menurun, segera masukkan kata-kata motivasi untuk mentoleransi suatu kegagalan seperti kata-kata: Kegagalan itu sukses tertunda. Sukses adalah berjalan dari kegagalan satu ke kegagalan lain tanpa kehilangan semangat. Sukses suatu perjalanan bukan tujuan. Dan lain-lain.

 

Sistem kesuksesan sangat perlu untuk menuju suatu cita-cita yang telah Anda tentukan. Sistem kesuksesan yang tepat adalah Bertindak cepat di saat Tepat

Bagaimana cara untuk bertindak cepat di saat tepat ?

Pengalaman saya ketika bekerja di perusahaan multi nasional diajarkan suatu sistem yang tepat dan cepat. Sistem tersebut dinamakan 4F kepanjangannya adalah Focus, Fast, Flexible, Friendship. Sistem tersebut saya pakai sampai saat ini dan hasilnya memuaskan. Penjabaran sistem  4F sebagai berikut :

 

1.    Focus

Pelajari secara mendalam Sistem Operasional Prosedur (SOP) pekerjaan yang Anda tangani untuk ketepatan melihat sasaran kasus yang akan Anda tuju. Inventarisasi potensial income dan potensial problemnya. Hitung potensi problemnya. Jika potensi problemnya kecil segara kerjakan. Namun jika potensi problemnya besar segera tinggalkan dan lupakan saja sehingga tidak membuang energi Anda. Begitulah mencari titik fokus seperti Anda mau membidik sasaran tembak atau mengambil gambar foto suatu objek.

2.    Fast  

Jika Anda sudah focus pada sasaran, yakini dengan pasti tepat dan dapat sehingga tidak kabur sedikit pun. Segera kerjakan dan jangan tunda sedetik pun. Itulah yang disebut bertindak cepat atau fast.

3.    Flexible  

Keluwesan dalam bertindak sangat diperlukan agar kecepatan kerja dan pelayanan kepada pelanggan tidak terganggu oleh pesaing Anda. Dalam segala usaha, keluwesan sangat diperlukan demi kenyamanan bersama. Persaingan dalam usaha itu adalah persaingan memberi servis atau pelayanan kepada partner atau pelanggan, sehingga pelanggan akan kembali kepada Anda untuk memberi order berikutnya. Kembalinya pelanggan untuk memberi order lebih penting dari pelanggan baru.

4.    Fiendship

Selalu bersahabat dengan calon pembeli dan pelanggan. Jangan kecewa bila tidak terjadi transaksi. Tetaplah bersahabat dengan mereka. Jangan berselisih dan bersikaplah ramah dalam keadaan apapun. Seperti kata Joger Bali, “Welcome ! Jangankan membawa uang, menagih hutang atau mencari sumbanganpun akan tetap kami layani secara jujur dan ramah di segala cuaca.”

 

Untuk mencapai cita-cita Anda untuk sukses, Bertindak cepat di saat Tepat sangat diperlukan. Dengan sistem 4F Anda bisa bertindak cepat dengan hasil yang tepat. Tanpa sistem dijamin tidak akan tepat dan hasilnya pasti pailit. Ketepatan harus memakai perhitungan dan semangat serta doa dan usaha …… ora et labora……

 

Ilustrasi :

Moyang manusia didunia yang bernama Adam, waktu tinggal di surga meminta teman kepada Tuhan, doa Adam dikabulkan maka diciptakanlah Hawa untuk menemani Adam di surga, dengan syarat jangan kau sentuh buah terlarang yang namanya buah Kuldi.

 

Tugas setan diciptakan Tuhan untuk menjerumuskan manusia yaitu Adam dan Hawa sebagai manusia pertama. Saat itu Tuhan sudah merencanakan Adam dan Hawa untuk ditugaskan didunia untuk menjadi kalifah atau mewakili-Nya secara wujud untuk mengelola dunia, namun belum diturunkan SK (Surat Keputusan) oleh Tuhan, Adam dan Hawa boleh menikmati surga seisinya kecuali jangan kau sentuh buah kuldi, begitu peraturan yang diturunkan untuk Adam dan Hawa. Karena nikmatnya surga Adam dan Hawa setiap hari berleha-leha enjoy…. everyday holiday….  sehingga tidak focus pada regulation surga yaitu jangan kau dekati buah kuldi.

Setan melihat Adam dan Hawa terlena karena kenikmatan surga, masuklah setan kerumah Adam bergaya silarurohim. Setan dan Adam diskusi masalah buah kuldi, setan merayu Adam untuk memetik buah kuldi dan memakannya agar Adam bisa abadi di surga. Tuhan tidak adil malaikat bebas memetik buah kuldi sedangkan kau tidak boleh !!!   Cerdaslah Dam kau jangan bahlul-bahlul amat, itu kan tanda Tuhan lebih sayang pada malaikat dari pada kau. Begitu salah satu rayuan setan pada Adam.      

Akhirnya Adam pun memetik buah kuldi dan murkalah Tuhan karena Adam melanggar peraturan Tuhan disebabkan tidak fokus pada ketentuan yang telah ditetapkan Tuhan…… celakalah Adam dan Hawa dibuang kedunia dengan penuh hina karena terayu oleh setan…..

 

Ya… Tuhan… aku telah merusak diriku sendiri….

Jika Engkau tidak ma’afkan aku, maka aku masuk golongan yang merugi……

 

Ada dua anugerah yang tidak satu makhluk pun bisa terlepas dari keduanya, yaitu anugerah penciptaan dan anugerah keberlanjutan (eksistensi).

 

Dia memberi anugerah awal kepadamu dengan mewujudkan dan yang kedua mencukupi kebutuhan wujud.

 

Sebaik-baiknya waktu dalam hidupmu adalah saat dimana engkau sadar di dalamnya akan adanya kebutuhanmu, dan kamu merasa rendah diri dihadapan-Nya lantaran kesadaran itu.

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga …………


2 responses to “BERTINDAK CEPAT DI SAAT TEPAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: