BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Image

Kata bangkit memiliki konotasi dari bawah menuju ke atas atau dari posisi tidur ke posisi bangun. Untuk hidup sukses kita harus menanamkan dalam diri kita bahwa bangkit adalah kebutuhan. Setiap hari kita harus bangkit menuju ke tempat yang lebih tinggi dari hari ini.

Setiap orang pasti pernah mengalami keterpurukan dalam hidupnya. Orang gagal tenggelam dalam keterpurukannya. Orang sukses selalu mencari cara untuk bangkit dari keterpurukan.

 

Bagaimana cara bangkit dari keterpurukan?

 

Pertama, satukan antara terpuruk dan bangkit. Artinya dua kata itu bagaikan kaki kiri dan kanan. Analogikan keterpurukan itu kaki kiri dan kebangkitan itu kaki kanan. Kedua, tentukan target atau cita-cita Anda. Tempatkan target tersebut di atas. Untuk menuju target kita harus melangkah dari kekuatan kaki kanan lalu berpindah ke kaki kiri. Semakin cepat kita memindahkan kekuatan dari kaki kanan ke kiri maka target atau cita-cita kita akan semakin cepat tercapai.  Kaki kanan merupakan kekuatan Anda berupa skill (keterampilan). Kaki kiri merupakan hambatan yang ada di pikiran Anda. Kalau hambatan di pikiran Anda tidak segera mendapat solusi maka bisa membuat Anda frustasi. Anda menjadi semakin terpuruk dan susah untuk bangkit. Jadi pikiran harus seimbang antara bangkit dan terpuruk. Kondisi terpuruk adalah problem, sedangkan bangkit adalah solving. Dengan menjalankan rumus tersebut  Anda pasti beruntung dan sukses. Rumus problem solving tersebut bisa Anda samakan dengan hukum kausalitas, hukum sebab-akibat. Jika Anda berpikir negatif maka akan berakibat negatif. Ketika aksi Anda radikal maka reaksi orang lain akan radikal juga. Jika Anda berpikir positif maka akan berdampak positif. Ketika aksi Anda sopan, santun, ramah bersahabat maka reaksi orang lain akan baik juga kepada Anda.

 

Sadarilah bahwa di dalam kelemahan pasti terdapat kekuatan. Setiap keterpurukan pasti di dalamnya ada kebangkitan. Terpuruk dan bangkit akan menjadi kekuatan yang luar biasa kalau Anda bisa mensinergikannya. Ibarat arus listrik positif dan negatif yang menimbulkan daya listrik, adanya daya listrik bisa menggerakkan mesin. Daya listrik timbul akibat sinergi arus listrik positif dan negatif. Tuhan juga memberitahukan dalam firmannya ; didalam kesulitan pasti ada kemudahan, kesulitan satu kemudahan dua, kesulitan dua kemudahan empat, Anda wajib percaya dengan janji sang pencipta Tuhan yang Maha Bisa Maha Segalanya, Anda tidak percaya pasti celaka.

 

Jika Anda saat ini dalam kondisi terpuruk, jangan berkecil hati. Segera bangkit dengan solusi yang ada di dalam keterpurukan itu sendiri. Kelemahan Anda adalah kekuatan Anda.

 

Ilustrasi :

Nabi Ayub adalah  manusia yang sangat tahan uji dari keterpurukan, Ayub korban  cemburunya iblis kepadanya, iblis mohon ijin ke Tuhan untuk menjerumuskannya, atas keyakinan Ayub kepada janji Tuhan, iblis kalah oleh sikap yakinnya Ayub.

 

Pada jaman kenabian Ishak, waktu itu Ayub belum menjadi nabi. Ayub adalah pebisnis yang sangat sukses, kaya raya, baik hati baik kelakuannya, terpandang dimasyarakat karena sosial dan suka membantu orang yang susah, fakir, miskin, yatim, intinya siapa yang perlu bantuan pasti dia bantu karena kayaraya istilah sekarang konglomerat putih anti korupsi maupun kolusi. Atas kebaikannya yang luar biasa, berita kebaikan Ayub tersebar sampai langit sehingga para malaikat memujinya, seorang yang kayaraya, penyantun, taat beribadah ada dibumi namanya Ayub. Berita dilangit tersebut membuat iri hati para iblis, spontan iblis ijin pada Tuhan akan menjerumuskan Ayub. Tuhan pun mengijinkan, silahkan iblis kalau kau mampu menjerumuskan Ayub. Atas ijin tersebut iblis pun menggoda dengan berbagai cara, dari membikin bangkrut usahanya sampai beberapa anak Ayub meninggal kecelakaan tertimpa gedung yang dirobohkan oleh iblis, Ayub tetap tabah, sabar dan selalu bersyukur, harta habis, anak meninggal, sampai terakhir diusir dari kotanya karena terjangkit penyakit kulit yang menjijikan dan berbau busuk, hanya istrinya yang menemani Ayub menyingkir dari kotanya tinggal ditengah hutan jauh dari keramaian, itupun terakhir ditinggalkan istrinya karena istrinya tidak tahan bau busuk penyakit kulit si Ayub.  Semua itu atas ulah iblis yang ijin Tuhan. Ayub tetap tabah, sabar dan bersyukur pada Tuhan, ibadahnya pun tetap taat tidak berkurang sedikitpun, Ayub sangat yakin itu ujian Tuhan  yang akan berakhir dan akan dibalas dengan harta dan pahala yang sangat besar, begitu janji Tuhan, setiap satu kesulitan pasti ada dua kemudahan.

 

Akhirnya iblis lapor Tuhan menyatakan putus asa, iblis kalah tidak mampu menjerumuskan Ayub, keterpurukan yang luar biasa tidak mengurangi ketaatannya Ayub kepada Tuhan.  Atas kesabaran, ketabahan, ketaatan dan selalu bersyukur pada Tuhan dalam keadaan kayaraya maupun miskin. Maka Tuhan mengembalikan kejayaan dan kekayaan Ayub dua kali lebih dari kejayaan dan kekayaan Ayub dari sebelum diuji dan digoda oleh iblis.  Ayub dijadikan nabi oleh Tuhan menjadi raja dan konglomerat di negaranya. Bangkit dari keterpurukan yang luar biasa tambah taat, sejahtera, bahagia dan bijakasana.

 

……ingatlah kisah Ayub, ketika dia menyeru Tuhannya, Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah TuhanYang Maha Penyayang diantara semua penyayang. Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarga kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Tuhan.

(QS.al-Anbiya’ : 83-84) 

 

Allah mengetahui kelemahan dirimu sehingga menyedikitkan bilangan shalat (doa). Dia juga mengetahui kebutuhanmu terhadap karunia-Nya sehingga melipat gandakan pahala-Nya.

 

Ketika kau meminta balasan atas sebuah amal, sebenarnya kau dituntut untuk tulus di dalamnya. Sudah cukup beruntung bila seseorang selamat dari siksa-Nya.

(IbnuAtha’illah)

 

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga ………


2 responses to “BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: