MENSYUKURI NIKMAT

Image

Tuhan selalu memberikan manusia suatu kenikmatan yang luar biasa. Namun banyak manusia yang tidak pernah merasakan kenikmatan tersebut. Manusia selalu merasa bahwa kenikmatan tersebut merupakan hasil kerja keras mereka selama ini. Oleh karena itu mereka susah sekali untuk bersyukur.  

 

Kenikmatan jika disyukuri akan terasa lebih nikmat hingga ke jantung hati. Sedangkan nikmat kalau tidak disyukuri hanya terasa di otak dan terucap di bibir saja. Orang yang mensyukuri nikmat Tuhan, bisa menangis karena sangat terasa bahwa kita sebagai manusia tidak mungkin bisa mendapatkan apa lagi menciptakan nikmat tersebut. Manusia yang pandai bersyukur berkeyakinan bahwa nikmat tersebut adalah karunia Tuhan.

 

Manusia yang bersyukur meyakini bahwa dia hanya bisa berusaha, namun tidak bisa menentukan hasilnya secara pasti. Sehingga begitu mendapatkan apa yang dia inginkan jantung hatinya bergetar. Logikanya mengagumi kejadian tersebut dan secara otomatis mulutnya memuji Tuhan. Begitulah proses mensyukuri nikmat.

 

Nikmat dan senang itu serupa tapi tidak sama. Kita harus mengetahui perbedaannya agar tidak tertipu oleh kejadian yang kita alami sehari-hari. Nikmat itu pasti senang sedangkan senang itu belum tentu nikmat.

 

Contoh nikmat:

1.  Kita pergi bekerja keluar kota selama beberapa hari. Pada saat tertentu kita kangen terhadap keluarga yang kita tinggalkan. Begitu pulang dan berkumpul dengan keluarga, jantung hati bergetar terasa nikmat, senang dan tenang.

2.  Acara bedah rumah di salah satu stasiun televisi. Orang yang miskin ketika diberi tahu oleh presenter bahwa rumahnya akan dibangun lebih bagus dan gratis, dia merasa sangat senang. Anda bisa melihat ekspresi wajah orang tersebut. Dia sangat mensyukuri nikmat Tuhan hingga menangis sesenggukan. Sebab sebelumnya dia merasa tidak mungkin rumahnya dibangun menjadi bagus.

 

Contoh senang :

1.  Orang yang selingkuh berbohong pada pasangannya. Orang tersebut hanya senang di tubuh saja tetapi tidak merasakan nikmat sampai di jantung hati. Dia tersiksa karena jantungnya selalu berdetak keras secara tidak normal. Lalu berakhir dengan sengsara, sakit jantung dan hancur kehidupannya.

2.  Orang yang mencari hiburan di tempat maksiat. Rasa senangnya pasti hanya sesaat saja sewaktu dia melakukan perbuatan maksiat. Sehabis melakukan maksiat dia akan merasa resah dan jauh dari kenikmatan.

 

Syukur nikmat itu berasal dari hati menuju logika. Terucap di mulut dan didengar oleh telinga. Dari telinga dikirim ke logika dan kembali lagi ke hati. Syukur nikmat adalah sirkulasi positif dalam tubuh yang menyehatkan rohani.

 

Selamat mengelola Syukur Nikmat. Dijamin rohani dan jasmani Anda akan sehat, hidup Anda bahagia dan sejahtera.

 

Ilustrasi :

Pada jaman nabi Ya’qub bapak dari nabi Yusuf dibumi kerajaan Mesir , Yusuf sebelum diangkat oleh Allah sebagai nabi, beliau masih remaja menjadi budak dirumah perdana menteri Mesir yang tentu kaya raya dan baik hati orangnya, perdana menteri mendapatkan budak Yusuf dari balai lelang penjualan budak. Yusuf dibeli perdana menteri dengan harga yang cukup mahal karena ketampanannya dan tegap perkasa tubuhnya, berkulit putih bersih dengan jamban halus dikedua rahangnya, janggut dan kumisnya serasi dengan jambannya, Yusuf pemuda yang sangat tampan dengan sorot mata yang bersahaja.

 

Tinggal beberapa bulan dirumah perdana menteri Yusuf diangkat sebagai anak sendiri bukan budak lagi karena perdana menteri sangat senang dengan ahlaq (kelakuan) Yusuf yang baik dan pandai, rajin, serba bisa dalam segala pekerjaan kasar  maupun halus seperti menulis surat membantu tuannya yang akhirnya menjadi bapak angkatnya, dan juga perdana menteri tersebut sudah bertahun-tahun nikah tidak dikaruniai anak. Yusuf cukup dimanjakan oleh kedua orang tua angkatnya.

Pada suatu ketika perdana menteri tugas luar kota beberapa hari meninggalkan rumah, Yusuf dan istri perdana menteri yang cantik jelita semampai berkulit kuning langsat bernama Yulaeha tinggal berdua saja dirumah yang besar asri indah penuh kemewahan dan keindahan.

Pada suatu malam Yulaeha kerasukan setan yaitu setan nafsu birahi bergelanyut disekujur tubuhnya, ingat ketampanan Yusuf yang aduuuhaiiii….tentu ngregesi sekujur tubuh Yulaeha, nyuuut…nyuuut…nyuuut…. tak tahan godaan setan mendorong birahinya nekat mendatangi kamar Yusuf yang malam itu tidak dikunci karena memang kamarnya tidak ada kuncinya, maklumlah anak angkat mantan budak kamar seadanya saja. Yusuf sangat terperanjat melihat Yulaeha mendatangi kamarnya dengan pakaian seperti orang miskin yang tanpa baju hanya pakain tarzan yang dipakainya yaitu cawat (cd) saja….???!!!!!

Astochfirullah…. teriak Yusuf, tuan putri mabuk apakah gerangan hanya minum susu unta bisa mabuk kepayang seperti ini…???!!!  

Yusuf tahunya Yulaeha hanya minum susu unta yang dia sajikan disore hari tadi, gak tahunya hati Yulaeha sudah dikuasai setan birahi yang membuat mabuk birahi, maka sudah hilang harga diri dan rasa malu kepada anak angkatnya mau nya mengejar kesenangan belaka, yaitu ; zina.

Yusuf lari loncat jendela, Yulaeha menarik baju Yusuf dari belakang robeklah baju Yusuf bagian belakang. Bertepatan dengan kejadian tersebut datanglah suami Yulaeha sang perdana menteri, mendengar keributan dikamar Yusuf, maka suaminya mendatangi kamar tersebut dan Yulaeha kaget bukan kepalang melihat suaminya datang, Yulaeha pura-pura menangis melapor kesuaminya Yusuf memperkosanya, sang suami hanya tersenyum dan berkata sudahlah besuk saja kita laporkan kepengadilan kejadian ini, kau segera pakai pakainmu.

 

Esok harinya dikantor pengadilan Yusuf diadili dan sang hakim minta bukti baju yang dipakai Yusuf saat kejadian pemerkosaan, suami Yulaeha menyerahkan baju tersebut, dan hakim mengatakan jika baju yang dipakai Yusuf robek bagian depan maka Yusuf bersalah dia yang memperkosa, namun jika baju robek bagian belakang maka Yulaeha bersalah dia yang memperkosa Yusuf.  Setelah baju dibuka dan diperlihatkan bagian yang sobek, maka bagian belakang yang sobek. Hakim menyatakan Yulaeha salah memperkosa Yusuf. Gemparlah di negeri Mesir atas kejadian tersebut. Namun suatu yang tidak lazim dari jaman bahola jaman dahulu kala sampai saat ini tetap sering terjadi yaitu yang benar dipenjara yang salah berkeliaran semaunya. Yusuf dipenjara atas kebenarannya, didalam penjara Yusuf tetap terasa nikmati dan tentu senang banyak kawan senasib.

 

Kesimpulan :

Yusuf hidup dalam penjara penuh kenikmatan karena menerima kenyataan, tidak berpikir benar tapi dipenjara, pikirannya sederhana, penguasa negeri lebih berkuasa dinegerinya dan Tuhan menentukan saya tinggal didalam penjara untuk menguji kesabaran dan syukur saya kepada-Nya. Dalam kesempitan ada kelonggaran itu janji Tuhan, hanya janji Tuhan yang pasti benar.

 

Yulaeha benar dalam kesalahan, yaitu benar ciptaan penguasa negeri yang dibuat untuk kehormatan keluarga Yulaeha, namun sangat hina dalam pandangan Tuhan, maka mereka resah tiada tara, selalu dibayangi dosa tentu tidak nyaman hidupnya, zina yang tertolak oleh Yusuf merusak hatinya. Yulaeha hanyalah mengejar kesenangan phisik belaka rusaklah hatinya, sehingga keresahan dan kesukaran hidup yang diperolehnya.

 

Kaum arif lebih khawatir ketika diberi kelapangan dari pada ketika diberi kesempitan, karena yang bisa menjaga etika saat berada dalam kelapangan hanyalah sedikit

 

 Semasa lapang nafsu bisa memainkan perannya melalui rasa gembira. Semasa sempit, nafsu tidak bisa berbuat apa-apa

 

Bisa jadi, Allah memberimu kesenangan dunia, namun menghalangimu dari taufik (pertolongan)-Nya. Bisa pula Dia menghalangimu dari kesenangan dunia, namun memberinu taufik

 

”Jika engkau menginginkan kemuliaan yang abadi, jangan membanggakan kemuliaan yang fana”

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

 

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga ……..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: