MEMBANGKITKAN SEMANGAT

Image 

Sumber energi kehidupan adalah semangat. Agar selalu semangat sepanjang hari, kita harus mengetahui di mana letak sumber semangat itu sehingga kita bisa mengambil langsung dari sumbernya.

Sebenarnya semua sumber kehidupan khususnya semangat berada di dalam hati. Hati akan bereaksi jika mendapat rangsangan dari logika. Dan logika akan bergerak jika mendapat perintah dari ucapan, pendengaran dan penglihatan. Untuk itu, kita harus membangkitkan semangat melalui ucapan, pendengaran dan penglihatan.

 

Berikut kiat untuk membangkitkan semangat Anda melalui ucapan, pendengaran dan penglihatan setiap hari:

  1. Ketika bangun tidur, ucapkanlah doa hingga terdengar oleh telinga anda. Lalu keluarlah dari rumah Anda untuk melihat alam semesta. Perhatikan terbitnya matahari dari timur dan bayangkan kebesaran Sang Pencipta.
  2. Dengarkan lagu-lagu ceria yang Anda sukai. Gerakkan badan Anda sambil melangkah ke depan dan belakang, ke samping kiri dan kanan. Lalu buka mulut lebar-lebar dan tutup kembali sebanyak 9 kali. Gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Tundukkan kepala Anda kemudian dongakkan kepala Anda. Ulangi semua langkah di atas sebanyak 9 kali. Setelah itu, gosokkan telapak tangan kiri dan kanan Anda sampai terasa hangat. Lalu usapkan ke muka dan tengkuk anda.
  3. Langkah terakhir, berdirilah di depan cermin. Lihatlah muka Anda yang ada dalam cermin. Ingatlah kembali perbuatan Anda yang lucu sehari yang lalu. Lalu tertawalah yang lepas untuk menertawakan perbuatan Anda yang lucu itu dan katakan, “Terima kasih Tuhan. Engkau telah memberiku hiburan pada diriku sendiri”.

 

Setelah melakukan semua langkah di atas, Anda akan bersemangat untuk menjalani setiap aktivitas pada hari itu juga.

Ucapkan selalu pada logika Anda, “Dunia itu permainan. Mari kita mainkan dengan semangat dan harapan positif.” Namun ingat, harapan tersebut harus realistis sesuai dengan kemampuan Anda sehingga target Anda dapat tercapai. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari rasa frustasi.

 

Yang perlu kita ingat agar semangat setiap saat adalah sumber semangat ada dihati dan penggeraknya adalah pendengaran, ucapan dan penglihatan. Semangat ada dua bentuk, semangat positif dan semangat negatif, semangat positif dihasilkan dari penggerak semangat selalu mendengarkan suara yang baik, berucap yang baik, melihat yang baik-baik, hasilnya positif. Begitu juga sebaliknya yaitu semangat negatif selalu mendengarkan suara yang negatif, berucap yang negatif dan melihat yang negatif, hasilnya negatif.

Maka kalau ingin semangat positif bergaullah dengan orang yang baik ahlaq (mental) nya, seperti pesan nabi Muhammad ; kalau kau bergaul dengan penjual minyak wangi maka kau berbau wangi, kalau kau bergaul dengan penjual ikan kau berbau ikan dan kalau kau bergaul dengan penjual bangkai kau berbau bangkai.

Pesan nabi Muhammad tersebut adalah bergaulah dengan yang baik (wangi) agar kau menjadi orang yang baik, tentu kebaikan tersebut berawal dari sumber semangat yaitu hati, dan nabi Muhammad pun berpesan ”semua perbuatan itu diawali dengan niat”  niat tersebut awalnya dari hati, maka setiap berencana awali dengan niat yang baik dan yakin niat Anda sukses dan bergaulah dengan lingkungan yang baik.

 

Ilustrasi kebaikkan :

Nabi Idris adalah nabi yang gemar belajar suka ilmu bintang, ilmu alam dan macam-macam ilmu, penemu pena pertama didunia itu adalah nabi Idris. Profesi beliau adalah penjahit dan ilmuwan yang sangat gemar belajar, semua ilmu yang ada saat ini beliaulah penemunya. Karena ketaatan mencari ilmu dan selalu berdoa pada Tuhan bahwa semua ilmu yang ia peroleh adalah dari Tuhan yang Maha segala-Nya, maka Tuhan menugaskan malaikat Jibril untuk menemuinya dan mengajak rekreasi melihat surga sebagai hadiah ketaatannya pada Tuhan.

 

Jibril menemui Idris memberitahukan undangan istimewa dari Tuhan, tentu Idris gembira ria menerima undangan tersebut. Idris bertanya kepada Jibril, atas dasar apa saya mendapat hadiah undangan kesurga ? Jibril menjawab ; atas dasar kebaikanmu yang selalu menuntut ilmu dan menyebarkannya tanpa ada rasa bosan dan selalu berdoa minta pertolongan kepada Tuhan agar diluaskan hatimu, bukan dicerdaskan otakmu, itulah poin yang positif bahwa kau mengistimewakan dan mengutamakan hatimu kepada Tuhan.  

 

Malam hari Idris dibawa naik kelangit oleh Jibril untuk mengunjungi surga, sampai disurga Idris sangat kagum luar biasa, senikmat-nikmatnya dunia tidak ada seupilnya lalat jika dibandingkan nikmat surga, tentu Idris tidak bisa membandingkan nikmat surga dan dunia karena memang surga luar biasa tak terbandingkan dengan apa saja.

Idris diberi waktu hanya 3 jam saja didalam surga, dan waktu 3 jam tersebut terasa hanya 3 menit bagi Idris karena nikmat surga yang luar biasa tiada bandingannya, waktu kunjungan kesurga tinggal 15 menit Jibril memberitahukan kepada Idris. Haiii… Idris waktumu tinggal 15 menit bersiap-siaplah untuk kembali kedunia, hatinya Idris menolak untuk kembali kedunia namun dia tidak mengatakan kepada Jibril, dengan kecerdasan hati Idris menyembunyikan sandalnya disurga. Waktu kunjungan kesurga sudah habis Jibril pun mengangkat Idris diterbangkan kembali kedunia, begitu kaki menginjak bumi Idris teriak…. Jibriiil…aku kelupaan sandalku tertinggal disurga tolong antar aku untuk mengambilnya, Jibril setuju memabawa Idris kembali kesurga untuk mengambil sandal, begitu masuk surga idris lari tunggang langgang mengambil sandal dan sembunyi tidak mau kembali kedunia, Tuhan pun menyetujui niat Idris tidak mau kembali kedunia karena nikmat surga.

Maka sejak saat itu Idris tinggal disurga, istilah populernya Mi’rodj kesurga meninggalkan dunia tanpa kematian.

 

Hikayat nabi Idris tersebut sebagai tauladan semangat yang terkelola, berawal dari hati, dipelajari dengan otak, digerakannya tubuh karena pendengaran, ucapan dan penglihatannya yang baik-baik. Maha Suci dan Maha Segalanya Tuhan Yang Maha Esa, pemilik ke Maha-an seluruh dunia-akherat. 

 

Kau merdeka dari segala yang tidak kau inginkan dan kau budak dari segala yang kau inginkan

 

Siapa yang tidak mendekat kepada Allah, padahal sudah dihadiahi kenikmatan, akan diseret (agar mendekat) kepada-Nya dengan rantai cobaan

 

Siapa yang tidak mensyukuri nikmat, akan kehilangan nikmat itu. Siapa yang mensyukurinya, berarti ia telah mengikat nikmat itu dengan tali yang kuat

 

Berhati-hatilah bila kebaikan Allah selalu kau dapatkan bersamaan dengan maksiat yang terus kau lakukan ! Bisa jadi, itu adalah awal kehancuranmu yang berangsur-angsur. Allah berfirman, ”Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (kearah kebinasaan) dengan cara yang tidak mereka ketahui” (QS.7:182)

(Ibnu Atha’illah)

 

……… Aaaaamiiiiin ………

 

 

Semoga bermanfaat …..

Salam dari Surga …….

 

 

 


2 responses to “MEMBANGKITKAN SEMANGAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: