JADILAH PRODUKTIF

Image

Setiap yang bernyawa pasti bergerak dan tumbuh dari kecil ke besar, dari besar menjadi kuat, dari kuat menjadi rapuh lalu berakhir dengan musnah atau mati. Siklus tersebut adalah hukum Tuhan atau hukum alam yang pasti dialami oleh semua mahluk yang bernyawa yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Dari tiga kelompok bernyawa tersebut, hanya manusia yang diberi akal dan pikiran oleh Tuhan yang digunakan sebagai alat untuk mengelola hewan dan tumbuhan. Tuhan memberikan jabatan yang sangat mulia berikut hak kelola kepada manusia sebagai khalifah atau wakil Tuhan di dunia. Atas kemuliaan tersebut tentu ada hak dan tanggung jawab. Hak manusia adalah mengelola isi dunia dan memilikinya untuk sementara waktu yaitu selama hidup di dunia. Tanggung jawabnya adalah setelah meninggalkan dunia (mati) akan ditanyakan bagaimana mengelola dan memanfaatkan isi dunia yang dia kuasi. Jika manusia memanfaatkannya secara produktif, merawat dan mengembangkannya untuk kebaikan dunia, maka Tuhan menghadiahi surga. Namun jika memanfaatkan isi dunia untuk tujuan konsumtif, memperkaya diri sendiri, merusak isi dunia dan menyakiti makhluk lainnya maka Tuhan memberi hukuman neraka. Reward dan punish dari Tuhan sangat pasti.

 

Tuhan menciptakan manusia untuk produktif sehingga bisa merawat dunia. Arti produktif adalah menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat dan tidak merusak lingkungan (dunia).

Ukuran produktif adalah manfaat bukan kaya raya. Banyak orang kaya tetapi tidak bermanfaat untuk masyarakat. Manusia kaya tersebut tidak produktif sebab mereka cenderung egois dan merusak lingkungan (dunia). Mereka pasti mendapat balasan dari Tuhan yaitu keresahan, rasa was-was yang berkepanjangan sehingga menimbulkan stress. Hal ini mengakibatkan rusaknya organ-organ tubuh karena selalu khawatir kehilangan kekayaan dan berakhir mati yang berlanjut ke tempat hina yaitu neraka.

Banyak juga orang kaya yang bermanfaat bagi masyarakat dan selalu merawat dunia. Mereka itulah orang produktif yang sebenarnya. Kehidupannya sederhana, sejahtera, bahagia, selalu mengutamakan kepentingan masyarakat sehingga hatinya menjadi tenang. Dalam mengakhiri hidupnya dia disambut Tuhan secara mulia dengan hadiah Surga.

 

Jadilah manusia produktif dengan parameter sederhana diantaranya yaitu mensedekahkan hasil yang Anda peroleh minimal 2,5%. Sedekah tersebut adalah ventilasi yang bermanfaat untuk mendinginkan hati… Jika hati tenang maka uang datang.  

Produktif bukan sekedar bekerja dan mendapat keuntungan, namun produktif adalah bekerja kreatif, inisiatif,  inovatif, menghasilkan keuntungan dan mensedekahkan sebagian keuntungan yang diperoleh.

Semua kehidupan itu adalah sirkulasi perputaran yang menguntungkan. Jika Anda tidak menjalankan hukum alam ibarat suatu sirkulasi tanpa ventilasi maka hancurlah kehidupan Anda karena alat pendingin tubuh manusia adalah hati yang akan berfungsi jika Anda bersedekah. Semua alat itu akan sempurna jika ada pemanas dan pendingin. Manusia itu adalah alat untuk mengelola dunia.

Bersedekahlah agar hidup Anda menjadi produktif…..

 

ilustrasi :

Setibanya di Madinah setelah berhijrah dari Makkah, Nabi Muhammad khotbah pertamanya. Beliau berkata pada seluruh hadirin :

Lakukanlah perbuatan-perbuatan baik di dunia dan simpanlah sebagai bekal setelah kau mati, kau akan menyadari bahwa hal itu berguna. Sesungguhnya, akan tiba saat ketika masing-masing dari kalian akan berada dalam keadaan termangu-mangu, cemas dan tak tentu arah dan masing-masing akan sendirian.

Kemudian Allah akan menegurmu : Tidakkah Nabi-Ku pernah mendatangimu ?

Tidakkah mereka menyampaikan firman-Ku padamu ?

Aku melimpahkan kekayaan dan rejeki kepadamu. Sekarang apa yang telah kau lakukan sebelum kau mati untuk kebaikan dirimu ?

Kalian akan menoleh kekanan dan kekiri, dan kalian tak akan melihat apa-apa. Kalian akan melihat kedepan, dan yang akan terlihat hanyalah api neraka. Maka selamatkan diri kalian darinya, walaupun hanya sekecil biji kurma.

Siapa saja yang tidak mempunyai bekal walau sedikit, seharusnya berdoa untuk diri mereka agar mendapatkan pahala. Perbuatan baik pahalanya tujuh sampai sepuluh kali lipat. Semoga kedamain melimpahi kalian, beserta ampunan dan rahmat Allah.

 

selalu ingatlah khotbah Nabi Muhammad tersebut yang intinya ; Anda akan dimintai pertanggung jawaban atas harta Anda waktu hidup didunia, dengan pertanyaan yang singkat dan jelas ”Bagaimana kau mendapatkan harta, dan bagaimana membelanjakannya”  maka jadilah produktif dengan sedekah, karena harta yang kau miliki sebagian bukan hak mu, tetapi hak fakir, miskin, janda tua dan anak yatim.

 

”Allah menjadikan negeri akherat sebagai tempat memberi balasan kepada para hamba-Nya yang beriman karena negeri dunia ini tidak bisa menampung pemberian yang Dia kehendaki kepada mereka. Juga karena Dia hendak memuliakan mereka dengan tidak mau memberikan balasan di negeri yang tidak kekal ini”

(Ibnu Atha’illah)

 

………Aaaaamiiiiin………

 

 

Semoga bermanfaat ….

Salam dari Surga……….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: