AMBIL TINDAKAN

Image

 

“Aku bolak-balik hati manusia untuk menguji keyakinannya,” begitulah firman Tuhan kepada manusia bahwa dalam hati manusia terdapat dua pilihan yaitu petunjuk dan penyesat. Keyakinan diperlukan untuk mengambil suatu tindakan yang tepat.

Kunci utama dalam mengambil tindakan yang tepat adalah keyakinan. Terlalu lambat mengambil tindakan karena tidak yakin menyebabkan kerugian. Lebih baik gagal tetapi mengambil tindakan daripada tidak pernah gagal karena tidak pernah mengambil tindakan. Sukses merupakan kumpulan kegagalan yang diambil hikmahnya. Jangan hanya mengeluh kemudian menyerah jika mengalami kegagalan.

Kematangan dalam kehidupan bukan ditentukan oleh faktor usia, namun faktor kepandaian dalam mengambil hikmah dari setiap musibah atau kegagalan. Buatlah kata-kata motivasi untuk diri Anda sendiri setiap mengalami kegagalan. Lalu terapkan kata-kata motivasi tersebut, pasti Anda segera sukses.

 

Saya berkali-kali mengalami kegagalan. Setiap kali saya gagal, saya segera membuat kata-kata motivasi sehingga saya tidak pernah menyerah. Contoh kata-kata motivasi yang  saya buat dan bermanfaat yaitu:

1.   Sekali salah human error

2.   Dua kali salah yang sama stupid

3.   Tiga kali salah yang sama idiot

4.   Empat kali salah yang sama crazy

5.   Lima kali salah yang sama lebih baik mati dari pada hidup tidak berguna.

Dengan kata-kata motivasi tersebut, saya akan berhati-hati jangan sampai salah dengan kasus yang sama, namun boleh salah dengan kasus yang lain.

 

Sistem mengambil tindakan yang akurat adalah:

1.   Focus : yakin, jangan salah lihat dan hitung

2.              Fast : cepat ambil tindakan sesuai keyakinan yang telah Anda lihat dan hitung

3.  Flexible : luwes dalam mengambil tindakan (lobby, negosiasi, bargaining)

4.   Friendship : selalu bersahabat apapun hasilnya

 

Motivasi dan sistem tersebut saya pakai sampai saat ini. Hasilnya sangat memuaskan.Kata-kata motivasi yang saya buat dan saya pakai, diantaranya adalah :

  • Setiap tertipu dalam bisnis saya katakan, “Dia lebih pintar dari saya.”
  • Setiap gagal dalam usaha saya katakan, “Kegagalan awal keberuntungan.”
  • Setiap rugi dalam bisnis saya katakan, “Keuntungan saya berkurang.”
  • Setiap bersaing saya katakan, “Dia kawan berpikir yang kritis.”
  • Setiap dikritik saya katakan, “Dia korektor yang baik.”
  • Setiap diancam lawan saya katakan, “Anjing menggonggong tidak akan menggigit.”
  • Setiap difitnah saya katakan, “Biarkan anjing menggonggong, kafilah tetap berjalan.”

Dan banyak lagi kiat-kiat dan motivasi diri agar tegar dalam menghadapi ujian dan meraih sukses sehingga tidak mudah menyerah dalam menghadapi kondisi sesulit apa pun.

 

Ingat selalu bahwa pribadi sukses adalah pribadi khalifah (wakil Tuhan di dunia) yang tidak pernah mengeluh, tidak mudah menyerah, tidak suka bermusuhan, selalu cinta damai dan selalu bersyukur apapun hasil usaha yang kita dapat.

Setiap ada masalah, segera ambil tindakan sebelum Anda ditindak (digilas) oleh masalah. Pelangi kehidupan yang indah adalah masalah dan solusi yang Anda mainkan dengan sikap ksatria dan mental juara.

 

Ilustrasi :

Nabi Yunus sebelum diangkat Allah sebagai Rasul, diuji terlebih dahulu. Saat berlayar satu rombongan yang akan menyeberang dari satu pulau kepulau yang lain, ditengah lautan lepas ombak dan badai menyerang perahu yang ditumpangi rombongan Yunus, langit yang semakin gelap gulita dengan kilat dan petir dari langit yang membelah lautan lepas, ombak dan badai yang menggila mau menumpas habis kapal perahu yang ditumpangi rombongan tersebut. Akhirnya sang kapten kapal memutuskan harus ada satu orang yang mau berkorban untuk dibuang kelaut untuk menyelamatkan kapal dan penumpangnya, karena kapal tersebut kelebihan muatan yang dipastikan harus dibuang satu penumpang. Tentu satu penumpang pun tidak ada yang mau untuk dibuang yang jelas akan mati, akhirnya Yunus mengusulkan kepada semua penumpang, yaitu sistem undian yang dapat undian itulah yang harus dibuang kelaut, rombongan pun setuju. Setelah diadakan undian yang dapat undian untuk dibuang kelautan adalah Yunus. Maka Yunus ditengah malam yang gelap gulita dan ombak badai menggila Yunus dibuang kelaut lepas.

Suatu keajaiban dari kekuasaan Tuhan, Yunus waktu dibuang kelautan lepas ditelan oleh ikan paus. Selama satu minggu Yunus hidup didalam perut ikan paus, dihari ketujuh ikan paus memuntahkan isi perutnya dipantai yang penuh penduduk nelayan, Yunus selamat ditemukan nalayan dipulau tersebut dan seperti suatu kebetulan nelayan-nelayan tersebut adalah kawannya yang satu rombongan dikapal, tentu semua bahagia menyambut kemunculan Yunus dari perut ikan paus dengan sehat dan selamat. Mulai saat itu Yunus diangkat menjadi Rasul oleh Tuhan.

 

Dari ilustrasi tersebut yang bisa kita ambil hikmahnya adalah ketepatan dan keyakinan tanpa ragu nabi Yunus ”mengambil tindakan” dengan ide sistem undian dan dia tidak gentar walaupun undian ia dapat dan dia yang dibuang kelaut lepas ditengah malam yang gelap gulita.   

 

”Tidak sedikit umur yang panjang, namun kurang manfaat. Tidak sedikit pula umur yang pendek, namun penuh manfaat”

 

”Siapa yang usianya diberkahi maka dalam waktu singkat, ia mendapat anugerah Allah yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata dan tidak bisa dijangkau dengan isyarat”

 

”Sungguh amat disayangkan bila kau terbebas dari kesibukan, namun tak juga menghadap kepada-Nya atau bila kau hanya mendapat sedikit rintangan, tetapi tak juga beranjak menuju-Nya”

(Ibnu Atha’illah)

 

………Aaaaamiiiiin………

 

 

Semoga bermanfaat ….…..

Salam dari Surga……………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: