ISMA’IL DISEMBELIH BAPAKNYA

Image

EPISODE – 1.

Nabi Ibrahim adalah bapak agama begitu istilah kita kalau menghormati yang pertama dan sukses, agama samawi adalah agama Tuhan bukan agama ciptaan Ibrahim, Tuhan mempercayakan agama samawi kepada Ibrahim untuk menyampaikan kepada hamba-hamba-Nya. Tuhan saja percaya pada Ibrahim kalau manusia tidak percaya pada dia…. ya pasti mereka penghuni neraka seperti raja Namrud dan pengikutnya, istilah topnya kafir.

Ibrahim sebagai nabi yang Rasul tentu ujiannya sangat berat jaminan kalau kita gak bakalan mampu jika ujiannya para Rasul diuji cobakan kekita yang manusia picisan ini, walaupun kita tahu bahwa firman Tuhan itu pasti “…sesudah kesulitan ada kemudahan…”(QS.94:5)  dasaaarrr…. manusia picisan macam saya hanya yakin pada janji-Nya, namun begitu diuji sudah mengeluh…pontang panting mencari dukun tukang ramal…amiit..amiit… kalau Namrud masih hidup bisa-bisa jadi pengikutnya Namrud… heee….heee…. jelas kita gak mampu jadi Rasul makanya cukup jadi umat Rasul saja sudah tengkyu berat… Tuhan….!!!

 

Ibrahim berkali-kali diuji dari berbagai masalah, yang terberat adalah ujian dari dalam keluarga sendiri namun Ibrahim sampai saat ini tetap lulus ujian karena beliau haqkul yakin dengan firman-Nya : “Aku uji hamba-Ku, apa yang ia cintai”  saat Ibrahim menginginkan anak, berpuluh tahun tidak dapat anak… maka begitu dapat anak goyahlah predikat tahan uji Ibrahim, manusia maupun Rasul tidak akan tahan uji jika mendapat apa yang sangat diharap ditunggu bertahun-tahun sampai logikanya mengatakan tidak mungkin, ternyata Tuhan mengabulkannya, dia akan terlena keluar dari kerasulannya dia lupa tugasnya, begitu juga Ibrahim yang dikabulkan Tuhan permintaannya. Setelah Ibrahim mendapat anak, lupa akan kekhusukan dalam ibadah… setiap hari terlena bermain dengan anaknya yaitu Isma’il, maka Tuhan menguji Ibrahim..!!!

 

Suatu hari, ketika Ibrahim berada di Mekah dalam tidurnya bermimpi ; agar dia menyembelih anaknya (Ismail). ….graagaapp… Ibrahim terbangun dari tidurnya sangat terkejut dengan mimpinya yang aneh itu…. langsung

Ibrahim berdoa meminta ampunan dan perlindungan kepada Tuhan, setelah berdoa Dia kembali tidur lagi…. Tidak begitu lama mimpi yang seperti tadi terjadi lagi. Ibrahim bangun lagi berdoa dan tidur lagi…. mimpi lagi bangun lagi… tidur lagiiii… banguuunnn… tidur lagiii….   Akan tetapi, mimpinya masih tetap muncul dengan topik yang sama yaitu Tuhan memerintahkan menyembelih Isma’il.

 

Akhirnya Ibrahim yakin perintah tersebut merupakan ujian yang harus dia jalani, berat sekali bagi Ibrahim ujian tersebut…. mimpinya Rasul adalah Wahyu dari Tuhan, tidak seperti mimpi kita…. mimpi khayalan, lamunan atau mimpi kebanyakan hutang… heee…heee…  

Ibrahim berpikir keras bagaimana cara memberitahu wahyu dari Tuhan itu kepada Ismail…. akhirnya dengan berat hati Ibrahim memberitahukannya ;

“Wahai anakku…. aku bermimpi… aku menyembelih kamu…. fikirkanlah apa pendapat kamu, apakah mimpiku itu Wahyu ?  Isma’il menjawab, wahai bapaku, kerjakanlah apa yang diperintahkan Tuhan. kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (Ash-Saffat:102)

 

Sungguh diluar perkiraan Ibrahim bahwa Isma’il lebih tabah dan lebih yakin masalah wahyu tersebut dari pada dirinya…. maka mereka berdua dipagi hari bersiap-siap menjalankan prosesi ; Ibrahim menyembelih Ismail…!!!

Ibrahim sebelum pergi melaksanakan penyembelihan puteranya, beliau berkata kepada Hajar ; dik Jar…. tolong kamu pakaikan baju dan celana yang paling baik dan bagus untuk Isma’il, aku akan pergi berziarah dengannya.

Hajar bergegas memakaikan pakaian yang paling bagus dan meminyaki rambut Isma’il, lalu menyisir rambutnya… ngguanteng harum lucu imut-imut…

Kemudian Ibrahim pergi bersama Ismail kedaerah dekat kota Mina, mereka membawa tali dan pisau yang tajam…!!!

 

Waktu itu iblis datang menggoda Ibrahim…. tidak pernah iblis sesibuk seperti hari itu dalam menggoda manusia….  Ismail ketakutan melihat iblis, dia berlari mendekati ayahnya.

Lalu iblis berkata: “Apakah kamu sudah gila…hai.. Ibrahim, anakmu badannya gagah, parasnya tampan dan perilakunya santun, Tuhan mana yang menyuruhmu menyembelih darah dagingmu sendiri ?!”

Ibrahim menjawab: “diiiaam.. kau iblis..setan gundul.. Tuhanku bukan pembohong seperti kamu setan kampreeet… “

 

Iblis gagal menggoda Ibrahim, beralih menggoda Isma’il dan berkata:

Hai…. Ismail, kamu nampak bersenang-senang, sedangkan saat ini bapakmu membawa tali dan pisau untuk menyembelih kamu.

Isma’il bertanya pada iblis ; Jangan sok tahu iblis jahanam, kalau kata-katamu benar, jawab pertanyaanku, mengapa bapakku hendak menyembelihku ?

Jawab Iblis ; Bapakmu mengira bahwa Tuhan menyuruh menyembelihmu.

Isma’il membentak iblis ; Sorry…blis… bapakku mentaati perintah Tuhan..!!!

Iblis terkutuk melontarkan kata-kata rayuan yang lain dengan heboh nan nyrocos agar Isma’il tergoda dan percaya …aaa…uuu..ooo….. hullaa… huullii… alakasam,,, abrakadabraaa… huulliii….hwaa….. hwiii…. pruuutzzz…..

 

Blisss… diaam bising niihhh…Ismail marah pada iblis dia mengambil batu dan melemparkannya kepada iblis …lemparan isma’il yang keras mengenai mata iblis… maka pecahlah mata iblis dan menjadi buta, setelah itu barulah iblis pergi. Peristiwa inilah yang melatarbelakangi perintah Tuhan dalam menunaikan ibadah haji yang disebut balang jumroh.

Akhirnya Ibrahim melaksanakan prosesi penyembelihan Isma’il setelah tidak ada gangguan dari iblis yang terkutuk….  Sukseskahprosesi tersebut ?!

 

“Jangan terlalu merasakan dosa-dosa yang telah engkau lakukan, sehingga dapat menghalang-halangi engkau bersangka baik kepada Tuhan.

Sesungguhnya apabila engkau mengenal Tuhanmu dengan sifat-sifat kesempurnaan-Nya, maka engkau tidak terlalu membesar-besarkan dosamu, disisi sifat-sifat Maha Rahmannya Tuhan.

Tidak ada dosa yang kecil, apabila Tuhan mengharapkan padamu sifat adil-Nya, dan tidak ada dosa besar, apabila Tuhan mengharapkan padamu sifat-Nya yang penuh anugerah”

 

 

…………..Aaammiiin…………….  

 

Semoga bermanfaat…..

Salam dari Surga……

ikuti… EPISODE – 2.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: