kisah nabi : SARAH CEMBURU PADA HAJAR

Image 

Wanita terpuji yang ma’sum nya (sucinya) sekelas nabi, adalah Maryam, Sarah dan ibunya nabi Musa begitu menurut para ulama…. semaksum apapun manusia itu lengkap sifatnya punya susah, marah, senang, sakit, bahagia, cinta maupun cemburu, banyak yang alasan cemburu karena cinta…. gombaaaall… yang benar ya cemburu karena curiga, cemburu karena benci tersaingi itu yang benar dan jujur… kalau cemburu karena cinta itu alasan saja sok puistis…heee…hee….

Sarah pun sebagai wanita juara kemaksuman dari bermilyar wanita didunia juga punya marah dan cemburu, jelas cemburunya bukan cemburu buta, cemburu buta hanya dimiliki tunanetra, Sarah wanita sempurna yang cantik jelita mata lentik dengan penglihatan sempurna, maka tak mungkinlah dia cemburu buta….

Trus… cemburu jenis apa yang menimpa Sarah, kalau cemburu karena curiga jelas tidak, cemburu karena tersaingi juga tak mungkin, naaah…ini cemburu karena ujian dari Tuhan yang kita tidak bisa simpulkan…. begini ceritanya….

Sarah cemburu sama Hajar istri kedua nabi Ibrahim, padahal dulu yang jodohkan Sarah sendiri, sekarang sudah terjadi perkawinan resmi jadi cemburu, yaaa… nasi telah menjadi bubur jangan dibuang dooong, tapi bagaimana menikmati nasi yang telah menjadi bubur tersebut, menurut saya yang belum tentu benar cemburunya Sarah karena perhatian Ibrahim kepada Sarah berkurang karena Hajar sudah bisa memberikan keturunan yaitu Ismail, kalau main salah-salahan ya Ibrahim yang salah, tapi Ibrahim itu nabi tingkat salahnya kecil lebih tepat kta sebut khilaf saja, hla wong berpuluh-puluh tahun gak punya anak trus begitu nikah dengan Hajar langsung tokceeerrr beranak tanpa hambatan itu kan berkah dari Tuhan tapi juga ujian, berkahnya dapat keturunan ujiannya Sarah jadi cemburu karena berkurangnya perhatian…. maka waspadaaaaa…. kehidupan itu melekat hukum kausalitas sebab akibat, ada senang ada susah, ada sakit ada sehat, ada cinta ada cemburu… Tuhan sungguh hebat luarbiasa selalu membuat berpasang-pasangan, maka Tuhan memberi peringatan pada manusia ; “Istri dan anakmu adalah fitnah bagimu” maka waspadalah dalam kehidupan selalu jalankan perintah-Nya jauhi larangan-Nya kalau mau masuk Surga…

Hari-hari manyun adalah hari-harinya sarah sejak Hajar hamil, pernah bertengkar hebat waktu Hajar hamil dihardik mau dibunuh….. Hajar dengan tangis tersedu-sedu meminta ; mbakyu Sarah bunuhlah aku setelah aku melahirkan, ingat mbakyu yang menjodohkan aku dan kang Ibrahim itu mbakyu, untuk memperoleh keturunan dengan cita-cita Mulia meneruskan perjuangan kang Ibrahim, kalau mbakyu mau bunuh saya ihlas ambil nyawaku namun setelah aku melahirkan, kalau mbakyu bunuh aku sekarang sama saja membunuh dua nyawa, yaitu nyawaku dan jabang bayi yang dikandunganku, dua dosa mbakyu ambil semua, kalau sudah melahirkan hanya nyawaku mbakyu nanggung satu dosa, dan saya ihlas untuk dibunuh karena tujuan mbakyu jelas saya hanya untuk cetakan anak saja… no problem …ihlas…dijadikan tabung bayi… eeehhh bayi tabung ,saya sebagai tabungnya….huuuu…. Hajar bicara dengan tangis sesenggukan, sampeyan itu kok tegaaaa….mbakyuuu….

Sarahpun jadi luluh hatinya ; oke…oke… dik Hajar, saya tunda pembunuhanku padamu seusai permintaanmu, saya catat dibuku belanjaku agar aku ingat terus, kita damai sementara, dik Hajar segera kekamar mandi ambil air wudu agar hatimu tenang…dan gak ketahuan mas Ibra kalau kita tengkar mumpung mas Ibra masih dikantor, sebentar lagi dia datang, ingat jangan crita mas Ibra kalau aku mau membunuhmu, tapi kita tunda setelah kelahiran bayimu… jangan sampai ada yang tahu karena ini pembunuhan terencana masuk delik pindana murni ancamannya hukuman seumur hidup…. Begitu Sarah berpesan pada Hajar.

Ya mbakyu jawab Hajar sambil berjalan cepat kekamar mandi dan mengatakan ;

“….Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat” (QS>2:45)

Mendengar ucapan Hajar , Sarahpun segera lari-lari kecil kekamar mandi untuk wudu.

Jika kau yakin bahwa kau hanya akan sampai kepada-Nya setelah lenyapnya semua keburukanmu dan sirnanya semua hasratmu, kau selamnya tak akan sampai kepada-Nya.

Akan tetapi, jika Dia menghendakimu sampai kepada-Nya,

Dia akan menutupi sifatmu dengan sifat-Nya dan watakmu

dengan watak-Nya.

Dia membuatmu sampai kepada-Nya dengan kebaikan yang diberikan-Nya kepadamu, bukan dengan kebaikan yang kau persembahkan kepada-Nya.

 

Maha suci Allah…. Subhanallah…….

Semoga bermanfaat….

Salam dari Surga……….

Note :

selalu ikutin cerita Nabi-nabi di Blog kami, sebagai ilmu nyata yang bisa kita pakai ketauladanan hidup.

 

Besuk kami up load artikel dengan Judul  : ASAL USUL GIWANG ANTING WANITA DARI HAJAR


4 responses to “kisah nabi : SARAH CEMBURU PADA HAJAR

  • Mahdi Kusdiyanto

    Subhanallah……..cerita yang mencerahkan, menjadi asupan batin bakda maghrib di udara Jakarta yang dingin (seharian hujan)

    Salam

  • faizalsurplus

    Ngakak sambil tanpa kedip menyimak. Subhanannah, terimakasih atas tulisan yang spiritual intelektual komedial kental ala Gus Syam yang patut untuk selalu dinantikan. Lanjut Gus Syam, menginspirasi lewat tulisan yang menggerakkan hati.

    • surplusindonesia

      Terimakasih…. semua cerita yang saya tulis insyaAllah Shahih, hanya bahasanya yg saya buat bahasa gaul saat ini agar mudah untuk dipahami dan bisa relax fress membacanya… tengkyu… kamziah… sukron… matursuwun… insyaAllah bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: