SUASANA SURGA

Malam itu saya dihotel Regent dengan DR.Priyanto dosen Universitas Brawijaya kongkow-kongkow melepas penat bekerja disiang hari, Doktor Muda tersebut biasa saya panggil mas Pri, dia menganggap saya kakaknya karena banyak kecocokan dalam diskusi, malam itu diskusi masalah hidup setelah mati mendiskusikan suasana surga, memang sangat nikmat diluar jam kerja berbicara masalah religi, wwuuuuiiihhh…. nikmat… fress serasa dipijat bidadari dijaga malaikat disekeliling saya, dengan semangat saya menjelaskan… dengan semangat Mas Pri mendengarkan, berdua seperti pacarannya jejaka dan  perawan, musik dilobby hotel Regent kok ya pas mengalunkan lagu Stairway to Heaven nya Led Zeppelin…. wiisss jiaaan…. siiiiip, seperti dipas-paskan suasananya……hee…hee…..

Bicarakan masalah surga dengan dasar kitab tasawuf Al-Hikam sangat nikmat, begitu kata guru religi saya yang bernama Kyai Mustaghfirin ahli Al-Hikam, beliau masih muda santun rendah hati saabaaaar pol, pejabat Departemen Pendidikan Nasional, wwuuuuiiiihhh gak masuk akal bagi saya muda ganteng sukses lebih pantas jadi Don Juan penampilannya, yang saya kagumi kok yaaa jadi Kyai yang rendah hati dan selalu menghormati siapa saja yang beliau temui. Saya baru kenal serasa kenal puluhan tahun, beliau mempunyai majelis tasawuf Al-Hikam namanya Surplus kata beliau artinya ; keberuntungan, disadur dari sabda Rasulullah saw ; hari ini lebih jelek dari hari kemarin adalah golongan celaka, hari ini sama dengan hari kemarin adalah golongan merugi, hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah golongan beruntung.

Beruntung itu SurpluS, orang yang SurpluS adalah orang yang berguna bagi orang lain….  Begitu kata Kyai Mustaghfirin yang mulya, satu kata Surplus dua hadis pondasinya.

Tasawuf itu ilmu hati maka nikmati dengan hati begitu beliau mengajarkan Al-Hikam kepada saya.   Kebetulan juga saya ini si Raja khayal yang selalu pakai hati, hobby menghayal kata-kata ruwet gak jadi mampet malah terurai jadi solusi….haaa…haaa…

Anda pahamkan ?!

Saya ini mempunyai paham ngawur teratur, itu paham saya sendiri yang sering nekat kata teman-teman saya, jadi cuuuoooocoook dengan tasawuf ilmu hati, karena hati adalah rasa sehingga mengelola rasa dengan kesabaran hati, begitulah paham ngawur teratur dari saya… haaa…haaa…nekat.. nikmat…!!!

Malam itu saya sudah merasa punya bekal untuk menerangkan suasana surga ilmu dari Kyai Mustaghfirin, tentu penyampaiannya dengan gaya saya yang penuh bumbu-bumbu khayalan, gaya cerita saya lebih menarik dari pada guru tasawuf saya , hla wong saya ini raja gaya bin narsis selain raja khayal.

Mas Pri manggut-manggut mendengarkan celoteh saya dengan ekspresi ceria bagai penghuni surga…..

………Malam pak Doktor, mau tambah minuman atau makanan……

Griiiiaaagaap…menghentikan bicara saya suara pelayan yang sepertinya sudah akrab dengan mas Pri, karena mas Pri pelanggan hotel Regent.

Ooooyaaa…. pisang goreng kesukaan saya sama kentang saja untuk berdua….

mas Pri pesan tambahan makanan untuk pelengkap kongkow-kongkow.

Saya ikut nyeletuk pada pelayan tersebut…. mas tolong photokan saya berdua….

Kebiasaan saya narsis berphoto trus up load di group Blackberry Messenger Surplus. Beberapa menit kemudian photo saya dengan mas Pri terpampang digroup BBM Surplus, saya kasih komentar ; “contoh penghuni surga”.

Tidak begitu lama ada tanggapan dari anggota group Surplus….

Mas Didiet ; Assalammuallaikum….. apakah contoh penghuni surga seperti itu ?

Saya jawab ; waktu saya rekreasi kesurga penghuninya seperti keluarga Surplus, persis pleg sama…. heee…heee…

Anggota group Surplus yang lain, bu Mia menimpali ; Jangan pada pergi kesurga dulu ya, takut ga pada balik…. haa…haaa…..

Saya jawab ; mau kesurga harus belajar hidup disurga….gampangkan ? heee….

Mas Didiet BBM lagi ; Saya yakin yang kayak begini, lagi bercanda… apakah begitu ?

Saya jawab ; Sersan (serius tapi santai) mas Didiet…. bisa serius bisa santai, guyon maton (joke tapi tepat) mau yang mana ? yang maton insyaAllah… saya bisa jabarkan tafsirnya tentang surga …. tentu landasannya Al-Quran, Hadis…..

BBM dalam group surplus berhenti belum ada tanggapan lagi mungkin belum terbaca atau mungkin sibuk….heee…

Untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan yang saya ciptakan tersebut diatas, malam ini saya up load tulisan dengan judul  “Suasana Surga“ sebagai jawaban untuk mas Didiet dan mas Pri, karena kemarin malam waktu kongkow-kongkow dengan mas Pri, belum selesai menceritakan suasana surga.

Gambaran suasana surga ini saya sadur dari , buku berjudul ; Jalan Surga Jalan Dunia. halaman 130. karya Syamsudin Machfoedz yaitu karya saya sendiri…hee..

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Cita-cita Anda sebagai penghuni surga akan tercapai jika Anda berlatih dari awal yaitu waktu hidup di dunia. Ketahuilah bahwa suasana surga adalah sebagai berikut:

 

……..tidak terdengar didalam surga perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa.

Akan tetapi mereka mendengarkan ucapan salam (ucapan baik)

penghuni surga alangkah bahagianya

Berada diantara pohon bidara yang tak berduri,

dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya,

dan naungan yang terbentang luas,

dan air yang tercurah,

dan buah-buahan yang banyak,

yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya,

dan kasur-kasur tebal lagi empuk.

Tuhan menciptakan bidadari dengan lansung,

dan Tuhan jadikan bidadari gadis perawan……,

penuh cinta lagi sebaya umurnya…..,

Tuhan ciptakan bidadari untuk penghuni surga.

(QS : Al-Waqi’ah. Ayat 25 – 38)

Janji Tuhan itu pasti. Sungguh luar biasa suasana surga yang serba indah, bahagia dan sejahtera. Erat persaudaraannya. Tiada rasa iri dan dengki. Dan tidak ada perkataan yang sia-sia dan menimbulkan dosa. Salam damai sejahtera.

Pohon-pohon di surga yang lunak tanpa semak menggambarkan kehidupan yang penuh kedamaian tanpa kekerasan dan tidak menyakiti hati seperti tusukan duri. Pohon bidara yang tanpa duri itulah lambang kehalusan dan keharmonisan.

Buah-buahan seperti pisang tersusun rapi dengan naungan keindahan awan yang luas. Air yang melimpah dan mengalir di sungai tertata serasi dengan pepohonan yang penuh buah dan tidak pernah berhenti berbuah. Terlukis suasana sejuk, indah dan lembut yang tidak mengenal musim kering maupun musim penghujan. Hanya ada satu musim yaitu musim indah, bahagia, sejahtera, senang dan enak selamanya. Penghuni surga itu serba ada. Apa saja yang diinginkannya tersedia. Minuman yang tidak memabukkan, bidadari cantik yang selalu perawan, tempat tidur berupa kasur empuk permadani yang indah, dimana nikmatnya tak ada bandingannya di dunia. Semua serba waaaahhhh… Itulah kehidupan surga.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Kita sebagai orang beriman wajib percaya firman-Nya, Allah bercerita menggambarkan suasana surga walaupun kita belum pernah kesana wajib yakin itu benar…. Iman adalah yakin kepada janji Allah.

Aku turuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku

Firman Allah tersebut mewajibkan kita berprasangka baik kepada-Nya dan mengaplikasikan janji-janji-Nya dalam kehidupan didunia, mau kesurga baca janji-janji Allah yang diabadikan dalam kitab-Nya Al-Quran, terapkan janji-Nya dalam kehidupan insyaAllah Anda sudah merasakan nikmatnya surga.

Mudah kan menjadi penghuni surga, perbanyak syukur pada-Nya jauhi keluh kesah, baca kitab-Nya Al-Quran setiap hari…. pasti suasana surga Anda nikmati.

Betulkan guyon maton saya dalam up load photo yang terkomentari “contoh penghuni surga”.

Selamat berlatih untuk menjadi penghuni surga..!!!

Semoga bermanfaat…..

Salam dari Surga………

Image


4 responses to “SUASANA SURGA

  • TINA JALAL

    Subhanallah suasana @ Surga…. Tujuan ke Surga deh dari skr mau reserved tempat gus Syam,, hanya saya mau nanya bidadari perawan fungsinya apa ya utk saya ? Maaf kalo pertanyaan saya rada nyeleneh Gus Syam…. Matursuwun…

    • surplusindonesia

      haaa… Allahhu Akbar…. pertanyaan yang bagus nan cerdik…
      kaum hawa wanita itu dari tulang rusuk laki-laki, maka dalam Quran mayoritas dibahas laki-laki, karena wanita itu Allah ciptakan sangat indah hiasan terindah bagi laki-laki, wanita itu hidupnya selalu pakai rasa (hati) sehingga mudah berempati, sedangkan laki-laki selalu pakai logika sehingga sering membantah kalau tidak lojik, di Quran janji dan ancaman mayoritas pada laki-laki, karena laki2 itu pimpinan keluarga sopir atau pilotnya keluarga maka peraturan dan ancaman ditekankan pada pimpinan, peribahasa jawa ; wanita itu ndonyo nunut neroko katut ( didunia wanita itu numpang suami kelau sampai masuk neraka itu ulah suami yg gak bener), orang malaysia menyebut rumah sakit bersalin menjadi rumah sakit kurban laki-laki…haaaa….benerkan ?!
      maka laki-laki ya harus memegang regulation Tuhan yang kuat taat, agar keluarganya sukses berkah selalu dapat Ridho-Nya…. Aaaamiiiin….
      dari ulasan saya bisa mbak Tina bayangkan kenikmatan surga bagi wanita jaauuuhhhh lebih tinggi dari laki-laki, ntar kalau disurga suami mbak Tina di surga kelas ekonomi, mbak Tina dikelas VVIP bisa membantu suami naikkan grade keatas yg lebih tinggi sekelas surganya mbak Tina….
      jadi di surga ada bidadari2 perawan untuk laki-laki, untuk wanita ada bidadara selalu jejaka…haaa…
      tapi harap diketahui bidadari tersebut adl istri laki2 waktu didunia, begitu juga bidadara adl suami mbak Tina waktu didunia….
      sesungguhnya Surga itu tdk ada kotoran, tubuh manusia itu kotoran maka dibuang kotoran tersebut ditinggal didunia menjadi tanah lagi dari tanah kembali ketanah, ruh nya yg kesurga tentu jadi perawan karena selaput dara itu adanya cuman didunia, maka jangan tamak dgn membayangkan surga seperti keadaan didunia, ilustrasi di Quran digambarkan spt kehidupan didunia, padahal surga nikmatnya 1000x lebih drpd didunia, tentu kita tidak bisa membayangkan, unt bisa membayangkan Allah bercerita spt didunia…itu gambaran minimal saja… iman itu yakin akan janji Allah… maka beribadahlah mencari Ridho Allah, jangan beribadah mencari surga, bersender total pada Allah, seperti pakaian menggantung pada hanger….heee…..
      Mudah bukan mbak Tina ?! Wallahhuaklam…..

      • TINA JALAL

        Alhamdulilah Gus Syam…. Memberikan keterangan dng bahasa yang mudah dimengerti terutama u saya, yang ilmu agamanya minim banget…..
        Ditambah dng di-iming2 in kalo suami kls ekonomi sang istri VVIP jadi tambah semangat utk mengertinya, Alhamdulillah Gus Syam – Syuukroon….

        Jawaban Gus Syam menggelitik saya utk bertanya lagi,, masih ada hubungannya dng Surga dan Suami,,
        Bolehkah saya bertanya lagi ? Smoga Gus Syam berkenan ….

        Gus Syam,,
        Tidak semua pasangan beruntung menikah hanya 1x dalam hidupnya yang mudah kita simpulkan mereka akan bertemu kembali dng sang suami dan sang istri tapi,, bagaimana dng :
        1. seOrang suami yang istrinya meninggal kemudian dia menikah lagi,, bersama istri yang mana dia di surga ?
        2. SeOrang suami yang bercerai hidup kemudian dia menikah lagi kemudian dia bercerai hidup lagi dan menikah kembali,,bersama siapa/ istri yang mana dia di Surga ?
        3. SeOrang suami yang memiliki 4 istri sekaligus dalam waktu yang bersamaan bersama istri yang mana dia diSurga ?
        Pertanyaan saya yang “tergelitik” ini menanti jawaban Gus Syam,, Smoga berkenan….
        Matursuwun sanget……
        Salam Surga…..

      • surplusindonesia

        Alhamdulillah… maaf baru sempat jawab, begini mbak Tina….
        didunia itu diwajibkan hidup logis dan kelogikan tersebut harus bisa di analogikan, gabungan logis dan analog disebut sebagai hukum kausalitas atau hukum sebab akibat, hanya sebatas itulah manusia mampu, diluar itu manusia tidak mampu yg mampu hanya Allah….jika nekat untuk memikir diluar hukum kausalitas akan kommer atau mabuk…haaa… kalau sudah mabuk mudah ngamukk bin maarrraaahhh… bertengkar hanya gara-gara kata-kata yang tidak sepaham, pokoknya kacau balaulah hidupnya.

        surga , bidadari, malaikat, semua yang gaib itu hak Allah namun manusia harus meng imani atau meyakini bahwa itu ada dan benar, naaah… disinilah seni mengelola hati, karena hanya keluasan hati yang bisa meyakini janji Allah, ilmu hati tersebut bisa belajar dari ilmu Tasawuf begitu katanya, maka kalau mbak Tina ingin sedikit mengetahui kegaiban tersebut belajar Tasawuf dulu, karena tidak akan tepat pertanyaannya saya jawab dengan ilmu hukum kausalitas.

        saran saya serahkan pada Allah saja, jangan penasaran dengan pertanyaan tersebut….
        jangan berpikir berdasarkan keinginan tapi berpikirlah berdasarkan kebutuhan, karena keinginan itu bagaikan jalan tanpa ujung…. ranah manusia adalah ada awal (lahir) ada akhir (mati), ranah setan ada awal (lahir) tak ada akhir (tidak ada mati), hanya Allah yang tanpa awal dan tanpa akhir.
        Manusia terjerumus karena masuk ranah setan yaitu ada awal tak ada akhir, mbak Tina berpikir sesuai pertanyaannya tadi artinya ada awal, dan tidak akan ada manusia yang bisa jawab, artinya tak ada akhir, kalau ada yang jawab itu perkiraan logika dia saja, akhirnya pakai ilmu mantep aji singo pengawuran alias jawaban ngawur …. haaaa….haaa… insya Allah bisa memuaskan mbak Tina jawaban saya tersebut.
        Guyon maton (joke yg tepat) : Manusia itu hewan buas yang berakal, maka kalau hilang akalnya manusia lebih bahaya dari hewan buas…. maka kelolalah akal Anda dengan keimanan (keyakinan akan janji Allah). Demi Allah jawaban pertanyaan mbak Tina itu ada, namun terjawab nanti kalau sudah kita disurga maka hayooo berlomba ibadah yang taat agar masuk surga dan mengetahui jawabannya…

        Mudah kan !!!…. Wallahuaklam…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: